Sekularisme Adalah? Simak Pengertian Menurut Para Ahli Lengkap dengan Ciri-Cirinya di Sini!

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dari sekularisme lengkap dengan ciri-cirinya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Kata sekularisme pasti sudah tidak asing untuk didengarkan. Kata tersebut dimaksudkan pada sebuah ideologi yang berdiri terpisah dari agama kepercayaan. Hal tersebut membuat kata sekularisme munjang kebebasan untuk beragama. Lantas, apa pengertian sekularisme sebenarnya?

Baca juga: Seminari Adalah: Pengertian, Gelar Akademik, dan Program Pendidikan

Baca juga: Computer Vision Adalah? Ini Dia Pengertian Berserta Fungsi Lengkapnya

Baca juga: Simak Beberapa Contoh Soft Skill, Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya!

Pengertian Sekularisme

Dilansir dari berbagai sumber, kata-kata “sekularisme”, “sekuler”, dan “sekularisasi” saling berkaitan dan sering menimbulkan pemahaman yang berbeda di kalangan para ahli. Namun secara etimologis, istilah sekuler berasal dari saeculum dalam bahasa Latin yang artinya masa, generasi, atau dunia masa kini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sekuler diartikan sebagai sesuatu yang bersifat duniawi atau kebendaan, bukan bersifat keagamaan atau kerohanian. Sementara itu, pengertian sekularisme merupakan paham atau pandangan tidak bertuhan dalam kehidupan duniawi manusia. Sedangkan sekularisasi adalah hal-hal yang membawa ke arah kehidupan yang tidak didasarkan pada ajaran agama.

Untuk menambah informasi, berikut ini alah pengertian sekularisme menurut para ahli:

– Wipster

Semangat duniawi atau orientasi yaitu “Duniawi” dan sejenisnya. Secara khusus, dalam hukum menerapkan seperangkat praktik atau prinsip yang menolak segala bentuk ibadah dan kepercayaan. Kepercayaan bahwa urusan agama dan gereja tidak ada hubungannya dengan urusan pemerintah, terutama pendidikan.

– British Encyclopedia

×