Berikut Klasifikasi Komponen Elektronika, Wajib Diketahui Oleh Pemula yang Ingin Belajar Elektronika!

by

Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan menjelaskan secara rinci mengenai klasifikasi dari komponen – komponen elektronika yang wajib diketahui oleh para pemula di bidang ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan lengkapnya seperti dibawah ini.

Komponen Elektronika Aktif

Komponen elektronika aktif ini adalah suatu varian komponen elektronika yang membutuhkan arus dari luar untuk bisa menjalankan fungsinya atau pekerjaannya, Diketahui bahwa komponen elektronika aktif ini hanya dapat berjalan atau digunakan apabila mendapat supply arus listrik dari luar. Contohnya saja seperti IC listrik, transistor, serta dioda.

Komponen Elektronika Pasif

Nah untuk kasifilasi yang ini berbeda dengan yang sebelumnya, untuk jenis komponen elektronika pasif atau Pasive Electronic Components ini tidak membutuhkan supply arus listri dari luar saat harus dioperasikan. Dimana komponenen ini dapat berjalan sendiri tanpa ada bantuan arus dari luar komponenen mereka sendiri. Beberapa contoh komponenenya seperti Kapasitor, Resistor, dan juga Induktor.

Cara Mengukur Komponene Elektronika

Disini dalam mengukur komponen – komponen elektronika itu salah satunya dapat menggunakan alat yang bernama multimeter atau multitester. Dimana multimeter sendiri adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk mengukur besara mlai dari Ampere (Arus Listrik), Ohm (Hambatan/resistansi), dan juga Voltage (Tegangan).

Diketahui bahwa multimeter ini ada dua jenis yaitu analog dan digital, dengan 3 bagian pentingnya yaitu Display, Saklar Selektor, dan juga Probe. Untuk cara dalam mengukur komponen dengan menggunakan multimeter yaitu sebagai berikut:

1) Langkah pengukuran pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengatur posisi skala selektor ke tanda atau simbol kapasitor.

2) Selanjutnya hubungkan Probe ke Terminal Kapasitor.

3) Setelah itu anda tinggal melihat hasil nilau yang muncul pada multimeter digital anda.

×