×

Contoh BUMDes yang Berhasil Kembangkan Usaha dari Seluruh Wilayah Indonesia,

by

OTONITY.com – Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang contoh – contoh BUMDes yang berhasil. Silahkan kalian simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahuinya.

Seperti yang kalian ketahui saat kita memulai bisnis pastinya kalian harus mengetahui ingin memulai bisnis apa. Selanjutnya, kalian bisa mengembangkan ide tersebut dan kemudian memulai bisnismu sendiri. Selain itu, kalian juga harus memikirkan modal yang harus kalian sediakan terlebih dahulu. Untuk memulai bisnis, kamu juga bisa masuk ke salah satu program UMKM yang sudah disediakan oleh pemerintah, termasuk BUMDes.


Baca Juga : 10 Aplikasi Nonton Drama Korea Terbaik 2022, Tersedia Sub Indonesia dan Dijamin Legal

Baca Juga : Download Contoh Proposal Pengajuan Dana dan Kegiatan Desa Doc/PDF, Klik Link Download Disini

Baca Juga : Kumpulan Contoh Proposal Pengajuan Dana Untuk Kegiatan Desa Yang Baik dan Benar, Pilih Sesuai Kebutuhanmu!

Dilansir dari berbagai sumber, BUMDes merupakan sebuah singkatan dari Badan Usaha Milik Desa. Peraturan tentang BUMDes ini telah diterbitkan oleh pemerintah yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) tentang Badan Usaha Milik Desa yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Februari 2021.

BUMDes merupakan sebuah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.