×

Identitas 3 WNA Diduga Mata-mata Asing dan Pengakuannya Saat Dimintai Keterangan

by

OTONITY.com – Seperti yang kita ketahui baru – baru ini viral kabar berita yang menunjukkan bahwa ada enam orang WNA atau warga negara asing yang dengan diam – diam mengambil gambar di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia. Prajurit Satuan Tugas Marinir Ambalat XXVIII TNI AL Gugus Temour Laut Komando Armada II langsung mengamankan beberapa orang yang dianggap mencurigakan tersebut. Mari simak faktanya berikut ini.

6 orang yang diamankan tak semuanya terdiri dari warga negara asing, namun juga ada warga negara Indonesianya. 3 orang Indonesia atas nama Elwin (23), Thomas Randi Rau (40), dan Yosafat Bin Yusuf (40). Sedangkan 3 orang warga negara asing bernama  Leo Bin Simon (40), Ho Jin Kiat (40), dan juga Bai Jidong (45).

Baca Juga : Sudah Gelombang yang Ke 23, Registrasi Kartu Prakerja Akan Dibuka Februari 2022, Begini Cara Daftarnya

Baca Juga : Tips Naikkan Limit Shopee PayLater Hingga 10juta+ Ternyata Mudah Banget!

Baca Juga : Cara Melihat Password Wifi di HP Yang Sudah Terhubung, Gampang Banget! Ikuti Langkah Berikut Ini

“Saat pemeriksaan ditemukan handphone milik warna negara asing yang berisikan foto-foto bangunan pos penjagaan militer, patok perbatasan, pelabuhan pos lintas batas negara (PLBN) di galeri HP tersebut yang diduga saat pengambilan gambar dilakukan sembunyi – sembunyi,” kata Dansatgasmar Ambalat XXVIII Kapten Marinir Andreas Parsaulian Manalu.

“Setelah diperiksa dan diketahui adanya warga negara asing, penumpang dan pengemudi dilakukan pemeriksaan lanjutan di dalam pos oleh Danposal Sei Pancang Lettu Mar Victor Aji

Perbuatan dari enam orang pengintai tersebut merupakan perbuatan melanggar hukum. Mereka dinyatakan melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).