Materi Bilangan Kuantum: Pelajaran Kimia yang Berhubungan Dengan Keadaan Elektron Atom

by

OTONITY.com  –  Dalam materi pelajaran Kimia, pastinya ada hal-hal detail yang perlu dipelajari salah satunya mengenai pembahasan bilangan kuantum. Tentunya, bilangan kuantum ini berbeda seperti bilangan angka-angka pada umumnya karena berkaitan dengan keadaan kuantum.

Keadaan kuantum sendiri berkaitan dengan fungsi gelombang dan memiliki makna khusus dalam keadaan sistem kuantum. Untuk itu, bilangan kuantum biasanya dapat memberikan deskripsi mengenai keadaan elektron dalam atom. Agar kamu dapat mengetahui secara garis besar tentang bilangan kuantum, kamu dapat simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Materi Belajar Daur Hidup Hewan Kelas 4 SD, Lengkap dari Pengertian Hingga Jenis

Baca juga: Materi dan Contoh Soal Rasio dan Skala Matematika, Berhubungan Dengan Perbandingan, Berikut Penerapannya Dalam Ujian

Baca juga: 5 Rekomendasi Bot Telegram Belajar Matematika, Bisa Bikin Kamu Melek Semua Materi Hitung-Hitungan!

Umumnya, kita dapat mengibaratkan bilangan kuantum berhubungan dengan matahari terbit dari timur di pagi hari, bulan muncul pada malam hari, bumi mengelilingi matahari dalam dua belas bulan, hingga beberapa keteraturan di alam semesta ini.

Ternyata, aturan alam semesta ini dapat disusun dengan rapi sampai tingkat paling kecil yang berhubungan dengan elektron-elektron di alam semesta ini diatur dengan rapi menurut bilangan kuantumnya.

Teori bilangan kuantum

Pengemukakan teori kuantum sendiri didasari dari teori dualisme partikel−gelombang. Pada tahun 1926 Erwin Schrödinger mengajukan teori mekanika kuantum yang menjelaskan struktur atom. Model atom mekanika kuantum Schrödinger dinyatakan dalam persamaan matematis yang disebut persamaan gelombang.

×