×

Administrasi Gudang Adalah: Pengertian dan Tugas Administrasi Gudang dalam Perusahaan

by

OTONITY.com – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang akan membahas tentang apa yang dimaksud tentang administrasi gudang. Bagi kalian yang mungkin berminat atau berencana untuk bekerja sebagai admin gudang, silahkan kalian simak pembahasannya berikut ini ya.

Admin gudang adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mencatat dan dokumentasikan barang yang ada di gudang. Peran utama yang dilakukan adalah pencatatan arus barang masuk dan keluar dari gudang, serta mengklasifikasikan seluruh barang tersebut.

Para admin gudang memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah sistem pengelolaan gudang. Hal ini dikarenakan apabila pengelolaan gudang buruk maka yang akan menyebabkan komplain dari pelanggan kepada perusahaan. Itulah yang menyebabkan kerugian untuk perusahaan.

Baca Juga : Helper Gudang Alfamart Adalah: Pengertian, Job Desk, dan Besaran Gaji

Baca Juga : Cek Lokasi Gudang Transit Ciracas DC, Tak Pelu Panik! Ternyata di Sini Lokasinya

Baca Juga : Potret Keindahan Benteng Kedung Cowek Gudang Peluru Surabaya, Panorama Eksotis Benteng Bersejarah di Indonesia

Admin gudang memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah divisi logistik dalam sebuah perusahaan dagang ataupun perusahaan manufaktur. Dalam divisi logistik paling tidak harus memiliki 1 admin gudang dalam perusahaan.

Jobdesc Admin Gudang

Mencatat Barang Yang Masuk

Gudang akan menjadi temat untuk menyimpan hasil produksi atau pembelian dari pihak lain. Nantinya barang – barang tersebut akan didistribusikan ke pihak lain. Semua barang yang masuk tersebut harus ada pencatatan yang rinci agar bisa mengetahui stok dari barang tersebut.

Mengkalsifikasikan Barang Masuk Sesuai Jenisnya

Barang yang masuk ke gudang tidak hanya satu jenis. Untuk itu, peran admin gudang selain menghitung jumlah barang yang masuk, mereka juga harus mengklasifikasikannya ke produk sejenis.