Macam-Macam Alat Ukur Beserta Gambar dan Fungsinya Paling Lengkap

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai macam alat ukur dengan gambar dan fungsinya lengkap yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Alat ukur sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sesuatu. Jenis alat ukur sendiri berbagai macam yang mana sesuai dengan fungsi penggunaannya. Selain itu, penggunaannya harus tepat guna menghindari kerusakan.

Baca juga: Administrasi Gudang Adalah: Pengertian dan Tugas Administrasi Gudang dalam Perusahaan

Baca juga: Kidung Wahyu Kolosebo Adalah: Pengertian, Makna, dan Pencipta Syair

Baca juga: Transit Oriented Development (TOD) Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaat

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah informasi mengenai berbagai macam alat ukur:

• Alat Ukur Listrik, untuk mengukur besaran-besaran listrik. Alatnya seperti: Voltmeter, Multitester, Amperemeter, Ohmmeter, Kwhmeter, Tang ampere, Phasa polarity, dll.
• Alat Ukur Panjang, sebagai alat untuk mengukur satuan panjang. Semisal: Penggaris, Meteran, Jangka sorong, Mikrometer sekrup, dll.
• Alat Ukur Massa, untuk mengetahui berat suatu benda. Yaitu berupa neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan.
• Alat Ukur Waktu, untuk mengukur satuan waktu. Alatnya seperti jam tangan, jam dinding, stop watch, jam pasir, dll.
• Alat Ukur Temperatur, untuk mengukur suhu dan biasanya digunakan untuk mengukur suhu pada suatu ruang. Alat yang digunakan berupa termometer dengan berbagai jenis.

Macam Alat Ukur dan Fungsinya

Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa macam alat ukur dan fungsinya:

1. Voltmeter

Voltmeter adalah alat yang mempunyai fungsi untuk mengukur besarnya tegangan listrik. Cara penggunaannya yaitu pengukuran dilakukan dengan menghubungkan secara paralel antara voltmeter dengan beban yang akan diukur atau dalam medianya itu sendiri.

2. Barometer

Barometer berfungsi sebagai alat untuk mengukur tekanan udara suatu tempat. Sering digunakan sebagai alat untuk mengetahui ketinggian. Juga bisa diunakan untuk memprediksi cuaca. Pada saat tekanannya rendah akan hujan dan bila hasilnya tinggi akan cerah.

Baca juga: JKS Transit Center Adalah? Ini Dia Arti, Fungsi, dan Alur Pengiriman Barang di J&T Express

Baca juga: Nilai Mutlak Dalam Matematika Adalah? Punya Sifat Umum Untuk Selesaikan Operasi Matematika

Baca juga: Kidung Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh-Contohnya

3. Amperemeter

Ampere meter adalah alat yang mempunyai fungsi untuk mengukur besarnya arus listrik yang mengalir. Cara penggunaanya dilakukan dengan menghubungkan secara seri. Alat ini akan memperoleh arus yang melalui penghantar yang terpasang pada rangkaian listrik.

4. Kwhmeter

×