×

Simak Macam Alat Ukur Beserta Gambar dan Fungsinya, Dijamin Lengkap

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai berbagai macam alat ukur lengkap dengan gambar dan fungsi yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Alat ukur sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sesuatu. Jenis alat ukur sendiri berbagai macam yang mana sesuai dengan fungsi penggunaannya. Selain itu, penggunaannya harus tepat guna menghindari kerusakan.

Baca juga: Administrasi Gudang Adalah: Pengertian dan Tugas Administrasi Gudang dalam Perusahaan

Baca juga: JKS Transit Center Adalah? Ini Dia Arti, Fungsi, dan Alur Pengiriman Barang di J&T Express

Baca juga: Transit Oriented Development (TOD) Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaat

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah informasi mengenai berbagai macam alat ukur:

• Alat Ukur Listrik, untuk mengukur besaran-besaran listrik. Alatnya seperti: Voltmeter, Multitester, Amperemeter, Ohmmeter, Kwhmeter, Tang ampere, Phasa polarity, dll.
• Alat Ukur Panjang, sebagai alat untuk mengukur satuan panjang. Semisal: Penggaris, Meteran, Jangka sorong, Mikrometer sekrup, dll.
• Alat Ukur Massa, untuk mengetahui berat suatu benda. Yaitu berupa neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan.
• Alat Ukur Waktu, untuk mengukur satuan waktu. Alatnya seperti jam tangan, jam dinding, stop watch, jam pasir, dll.
• Alat Ukur Temperatur, untuk mengukur suhu dan biasanya digunakan untuk mengukur suhu pada suatu ruang. Alat yang digunakan berupa termometer dengan berbagai jenis.

Macam Alat Ukur dan Fungsinya

Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa macam alat ukur dan fungsinya:

1. Manometer

Manometer berfungsi sebagai alat untuk mengetahui tekanan gas dalam suatu tempat. Baik tekanan berbentuk gas maupun cairan. Biasanya untuk pengelasan yang memakai gas. Sebagai alat untuk mengetahui besar tekanan gas yang berada dalam tabung.

2. Stopwatch

Stopwatch berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menghitung besaran waktu dalam satuan detik. Penggunaannya biasanya untuk mengetahui lama waktu yang dibutuhkan dalam test produk atau lama waktu tempuh seorang pelari dan lain sebagainya.

Baca juga: Kidung Wahyu Kolosebo Adalah: Pengertian, Makna, dan Pencipta Syair

Baca juga: Siapa Vie Tan? Diduga Mirip Dengan Istri Ferdy Sambo! Ia Sampai Buat Klarifikasi

Baca juga: Kidung Setia Adalah? Jadi Viral di Media Sosial, Berikut Penjelasan Lengkapnya

3. Densitometer

Sebagai alat untuk mengukur derajat kegelapan suatu benda yang semi transparan atau berbentuk film. Cara kerjanya tinggal tentukan yang akan di ukur. Tekan tombol reset lalu letakan film atau benda yang akan diuji. Kemudian akan muncul nilai densitas pada motor.

4. Hygrometer