×

Simak Macam Alat Ukur Beserta Gambar dan Fungsinya, Dijamin Lengkap

by

Altimeter berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketinggian dari permukaan laut. Alat ini biasanya dipakai untuk keperluan seperti pendakian, penerbangan dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. Penggunaannya yaitu setiap altimeter yang akan dipakai harus dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

11. Speedometer


Speedometer berfungsi sebagai alat untuk mengukur kecepatan kendaraan darat. Terdapat 2 jenis speedometer yaitu analog dan digital. Prinsip kerja speedometer analog menggunakan mekanisme roda bergigi yang terhubung dengan poros roda. Sedangkan speedometer digital menggunakan pulsa magnetic dan pulser pada roda atau sistem gigi.

Baca juga: Mass Rapid Transit (MRT) Adalah: Pengertian dan Cara Naik MRT Jakarta

Baca juga: Helper Gudang Alfamart Adalah: Pengertian, Job Desk, dan Besaran Gaji

Baca juga: Transit Paket Adalah? Ini Dia Pengertian Serta Alur Pengiriman Paket Perusahaan Ekspedisi

12. Anemometer

Anemometer berfungsi sebagai alat untuk mengetahui kecepatan angin suatu tempat. Biasanya digunakan pada bidang meteorologi geofisika dan perkiraan cuaca. Untuk cara kerjanya pada saat tertiup angin. Baling-baling atau mangkuk yang terdapat di anemometer akan berputar kemudian tercatat yang disesuiakan dengan skala beaufort c.

13. Welding Gauge

Welding gauge berfungsi untuk mengetahui dimensi hasil lasan ataupun mengukur dimensi media yang akan dilas. Biasanya yang akan diukur yaitu mahkota las, tinggi akar las, cacat las, sudut bevel, lebar gap, dan root face.

14. Ring Gauge

Ring gauge berfungsi untuk melakukan pemetaan atau mengukur diameter luar sebuah produk. Apakah sudah masuk ukuran standar untuk pembuatan sebuah produk dan biasanya produk tersebut dibuat secara massal.

15. Plug Gauge

Plug gauge berfungsi sebagai alat untuk mengecek dimensi dalam/lubang yang membutuhkan kalibrasi apakah sudah sesuai dengan yang disyaratkan oleh standar produksi. Jika sudah sesuai maka produksi bisa dilanjutkan.

Demikianlah informasi mengenai macam alat ukur lengkap dengan gambar dan fungsinya yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat.