Macam Alat Ukur Massa Beserta Satuan dan Fungsinya, Dilengkapi dengan Cara Kerja

by

OTONITY.com – Berikut ini adalah informasi mengenai macam alat ukur massa beserta satuan dan fungsinya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Alat ukur sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sesuatu. Jenis alat ukur sendiri berbagai macam yang mana sesuai dengan fungsi penggunaannya. Selain itu, penggunaannya harus tepat guna menghindari kerusakan.

Baca juga: Administrasi Gudang Adalah: Pengertian dan Tugas Administrasi Gudang dalam Perusahaan

Baca juga: Kidung Setia Adalah? Jadi Viral di Media Sosial, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Transit Oriented Development (TOD) Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Manfaat

Salah satu alat ukur yang harus kamu ketahui adalah alat ukur massa. Alat ukur massa tersebut sudah sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Alat ukur massa berfungsi untuk mengetahui berat suatu benda. Lantas, ada apa saja?

Macam Alat Ukur Massa dan Fungsinya

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah informasi mengenai alat ukur massa lengkap dengan satuan dan fungsinya:

1. Neraca Sama Lengan

Fungsi neraca dengan tingkat ketelitian sebesar 0,001 gram untuk menimbang benda berukuran kecil berdasarkan prinsip kerja menyetarakan gaya gravitasi antara kedua lengannya.

Cara kerja neraca ini dengan meletakkan benda ukur pada satu piringan dan meletakkan anak timbangan pada piringan lainnya. Bila kedua lengan dalam posisi sejajar, artinya massa benda ukur sama dengan berat anak timbangan.

×