Kalibrasi Alat Ukur Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai kalibrasi alat ukur yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Alat ukur sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sesuatu. Jenis alat ukur sendiri berbagai macam yang mana sesuai dengan fungsi penggunaannya. Selain itu, penggunaannya harus tepat guna menghindari kerusakan.

Baca juga: NexTrip Metro Transit Adalah? Ini Dia Penjelasan, Fasilitas, dan Cara Menggunakan

Baca juga: JKS Transit Center Adalah? Ini Dia Arti, Fungsi, dan Alur Pengiriman Barang di J&T Express

Baca juga: Administrasi Gudang Adalah: Pengertian dan Tugas Administrasi Gudang dalam Perusahaan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah informasi mengenai berbagai macam alat ukur:

• Alat Ukur Listrik, untuk mengukur besaran-besaran listrik. Alatnya seperti: Voltmeter, Multitester, Amperemeter, Ohmmeter, Kwhmeter, Tang ampere, Phasa polarity, dll.
• Alat Ukur Panjang, sebagai alat untuk mengukur satuan panjang. Semisal: Penggaris, Meteran, Jangka sorong, Mikrometer sekrup, dll.
• Alat Ukur Massa, untuk mengetahui berat suatu benda. Yaitu berupa neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan.
• Alat Ukur Waktu, untuk mengukur satuan waktu. Alatnya seperti jam tangan, jam dinding, stop watch, jam pasir, dll.
• Alat Ukur Temperatur, untuk mengukur suhu dan biasanya digunakan untuk mengukur suhu pada suatu ruang. Alat yang digunakan berupa termometer dengan berbagai jenis.

×