Cara Memasang Relay 5 Kaki di Lampu Mobil, Cocok Untuk Pemula dan Anti Ribet

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara memasang relay 5 kaki untuk lampu mobil yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Perkembangan teknologi membuat perkembangan di bidang trasnportasi juga turut berubah. Saat ini sudah banyak jenis moda transportasi yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi. Selain itu, kendaraan-kendaraab saat ini sudah dibekali dengan fitur canggih.

Baca juga: Cara Merangkai Skema Relay 4 Kaki Normaly Open Untuk Kendaraan Bermotor, Anti Ribet dan Praktis

Baca juga: Update! Link Baca The Era of Overman Chapter 135 Bahasa Indo, Pastikan Kalian Baca Secara Legal di LINE Webtoon

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Ketagihan Bermain Slot Judi Online! Jangan Tunggu Sampai Brangkut

Kendaraan sendiri saat ini sudah memiliki banyak tipe dengan berbagai macam harga. Hal tersebut membuat banyak orang yang menjadi tertarik untuk memiliki kendaraan bermotor. Bahkan beberapa orang sudah menjadi pecinta otomotif.

Para pecinta otomotif tentunya mengetahui seluk beluk kendaraan bermotor. Hal tersebut juga termasuk komponen apa saja yang ada di kendaraan mereka. Oleh sebab itu, pastinya para pecinta otomotif mengetahui istilah relay.

Apa Itu Relay?

Dilansir dari berbagai sumber, relay merupakan sebuah komponen tambahan pada sistem kelistrikan di mobil ataupun sepeda motor. Relay tidak mempunyai fungsi utama untuk mengalirkan arus listrik, bahkan jika pun dalam sebuah rangkaian kelistrikan tidak dipasang relay tidak masalah.

Namun, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi mengapa harus menggunakan relay. Selain sebagai faktor pengaman untuk mencegah terjadinya beban berlebih pada saklar juga menjamin akan kestabilan tegangan dari sumber sampai ke komponen kelistrikan. Oleh karena itu, biasanya komponen yang menggunakan relay merupakan komponen yang membutuhkan arus yang besar seperti motor stater, kedua lampu kepala, klakson dan sebagainya.

Cara Memasang Relay 5 Kaki Untuk Lampu Mobil

Berikut ini adalah tata cara untuk memasang relay 5 kaki lampu mobil:

1. Membeli Soket dan Relay

Jika yang dibeli sekalian satu set, uang yang dibutuhkan lumayan besar yaitu diatas Rp100.000,-. Sebagai gantinya, pengguna akan memperoleh kemudahan, tinggal membeli di toko spare part otomobil.

×