Ingin Tahu Cara Membaca Jangka Sorong? Ternyata Mudah Banget Dengan Bahasan Berikut!

by

OTONITY.com – Dalam pelajaran matematika, banyak sekali alat-alat yang sering digunakan dan salah satunya adalah jangka sorong. Di sekolah, kita dapat menggunakan alat ini untuk pelajaran matematika dan ternyata lain jika di pabrik atau bengkel karena jangka sorong berguna sebagai mendeteksi atau mencocokkan panjang serta diameter dari mesin yang akan diganti. Selain itu, jangka sorong pun juga bisa berfungsi sebagai alat ukur bagi para ahli kunci.

Lalu sebenarnya, bagaimana sih cara membaca jangka sorong dengan mudah? Jika kamu ingin mengetahui caranya, kamu dapat simak pembahasan lengkap dan mudah di artikel berikut.

Baca juga: Nilai Mutlak Dalam Matematika Adalah? Punya Sifat Umum Untuk Selesaikan Operasi Matematika

Baca juga: 5 Rekomendasi Bot Telegram Belajar Matematika, Bisa Bikin Kamu Melek Semua Materi Hitung-Hitungan!

Baca juga: Macam-Macam Alat Ukur Beserta Gambar dan Fungsinya Paling Lengkap

Jangka sorong adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak, kedalaman, hingga diameter dalam suatu objek. Jangka sorong ini memiliki tingkat presisi dan akurasi yang sangat baik. Menariknya lagi, pengukuran ketiga fungsi yang sudah kami sebutkan di atas dapat dilakukan dengan langkah yang sama. Dengan begitu, alat ini sangat praktis dan mudah untuk digunakan.

Sekilas tentang jangka sorong

Jangka sorong pertama kali ditemukan pada tahun 1613 oleh Pierre Vernier. Jangka sorong menjadi alat ukur panjang yang memiliki batas ukur sampai 10 cm dengan tingkat ketelitian mencapai 0,1 mm atau 0,01 cm. Selain itu, jangka sorong mempunyai banyak ukuran dengan rentang pengukuran dari 100 mm sampai dengan 3000 mm atau 4 inci sampai 120 inci.

Fungsi jangka sorong tidak sebatas untuk mengukur panjang saja. Akan tetapi juga untuk mengukur diameter cincin, diameter bagian dalam pipa, hingga mengukur kedalaman suatu benda. Dengan beberapa fungsi tersebut kita juga akan lebih mudah dalam menghitung luas suatu benda yang ingin diukur.

Jangka sorong dapat digunakan untuk banyak hal. Contohnya dalam dunia industri, jangka sorong bisa digunakan dalam proses perancangan atau desain, manufaktur, hingga pengecekan akhir terhadap suatu produk. Tentu saja masih ada banyak manfaat lain dari alat ukur ini.

Cara membaca jangka sorong

Penggunaan jangka sorong mungkin akan sedikit merepotkan jika tidak mengetahui caranya. Sebab ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat ukur ini. Ada beberapa langkah yang perlu diketahui. Berikut penjelasan selengkapnya:

×