Bagian Trakea dan Fungsinya, Ternyata Tidak Berhubungan Dengan Sistem Pernapasan Saja Lho!

by

OTONITY.com – Pembahasan mengenai trakea pastinya akan berhubungan dengan sebuah alat yang berhubungan denga sistem pernapasan. Trakea sendiri disebut juga sebagai batang tenggorokan yang berbentuk tabung tubular. Letaknya sendiri, trakea dapat diketahui berada di dekat kerongkongan dan saluran pernapasan.

Nah, apabila kamu tertarik dengan pembahasan mengenai trakea ternyata kamu dapat simak informasi selengkapnya di artikel berikut. Berikut akan dipaparkan mengenai bagian-bagian dari trakea dan fungsinya.

Baca Juga: Urutan Saluran Pencernaan Pada Manusia dan Fungsi Organ-Organnya

Baca Juga: Berikut Urutan Saluran Pernapasan Pada Manusia, Lengkap dengan Fungsi Organnya

Baca Juga: Efek Samping Mustika Dara HPAI, Obat Herbal Organ Intim, Lengkap dengan Aturan Pakai

Tenggorokan kita memiliki sistem yang detail untuk memberikan kita kemudahan untuk bernapas. Salah satu bagian yang berperan penting adalah trakea. Trakea sendiri memiliki peran yang penting dalam sistem pernapasan manusia dan selain itu di beberapa hewan dari beragam jenisnya juga memiliki fungsi trakea yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

Secara garis besar, trakea menjadi organ pernapasan yang terdiri dari tulang rawan dan tulang rawan berbentuk cincin halus dan kuat. Trakea terletak dari laring dan menyebar ke bronkus utama pada mamalia dan dari tenggorokan ke jarum suntik pada burung yang merupakan masuknya udara ke paru-paru.

Struktur dan bagian-bagian trakea

Secara garis besar, trakea tubular terdiri dari 16 hingga 20 cincin tulang rawan yang berbentuk huruf C sehingga dapat dikatakan seperti cincin. Namun, cincin ini tidak melingkar karena ujung-ujungnya tidak menyatu karena perlekatan esofagus ke dinding trakea. Hal ini terjadi agar pipa tenggorokan tetap terbuka dan sedikit mengubah diameternya jika perlu sehingga udara yang masuk dan keluar tetap halus dan membuat cincin itu diikat dengan kain Fribrosa.

Tenggorokan bersifat kuat tetapi fleksibel. Trakea terdiri dari epitel bersilia dengan sel piala. Sel-sel piala ini menghasilkan cairan tebal atau lendir yang melindungi dinding trakea. Ketika mendekati paru-paru, struktur trakea membentuk dua cabang, yaitu kiri dan kanan dan bersentuhan langsung dengan saraf bronkial dan paru-paru.

Trakea sendiri memiliki lapisan yang menyelimutinya sebagai berikut.

×