Biaya Masuk Ipdn, Lengkap Dengan Syarat Untuk Bisa Lolos Kuliah Kedinasan

by

OTONITY.com – Bekerja sebagai pegawai kedinasan memang menjadi idaman beberapa orang karena PNS sendiri hingga saat ini masih menjadi salah satu pekerjaan yang terjamin. Beberapa orang pun melirik untuk mendaftarkan diri untuk masuk IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri agar kelulusannya langsung menjadi PNS.

Dalam prosesnya, sudah diketahui bahwa untuk mendaftar ke sekolah IPDN memiliki beberapa syarat dan biaya pendaftaran yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebagai sekadar informasinya, berikut ini akan kami sampaikan pembahasan mengenai biaya masuk ke IPDN dan beberapa syarat-syaratnya.

Baca Juga: Biaya Masuk Polwan Lengkap Dengan Syarat Umum, Syarat Tinggi, Hingga Syarat Gigi

Baca Juga: 7 Aplikasi Remote AC Android, Tanpa Infrared Dan Penggunaannya Gratis Tanpa Biaya Apapun!

Baca Juga: Biaya Masuk Al Wildan Islamic School (TK, SD, SMP) Lengkap! Cek Rinciannya Disini

Masyrakat yang hendak bergabung dengan IPDN tentunya harus mengetahui proses yang berupa berbagai persyaratan hingga biaya masuknya. Tentu saja dalam sekolah kedinasan tersebut berhubungan dengan perguruan tinggi yang bekerja sama dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Nantinya, lulusan dari sekolah kedinasan akan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lembaga terkait. Salah satu sekolah kedinasan yang juga sedang membuka pendaftaran untuk lulusan SMA atau MA adalah IPDN.

Persyaratan Seleksi IPDN

Seleksi masuk IPDN pasti akan ada di setiap tahunnya dan bertujuan untuk menjaring siswa lulusan SMA atau MA yang akan disiapkan untuk bekerja di seluruh Indonesia di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tentunya, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para calon peserta yang hendak mengikuti seleksi IPDN 2022. Persyaratan tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yakni persyaratan umum, administrasi, dan khusus.

Persyaratan umum seleksi IPDN

– Warga Negara Indonesia (WNI).

–  Usia pendaftar minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu)

– Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm.

Persyaratan administrasi seleksi IPDN 2022

– Ijazah SMA atau MA termasuk lulusan Paket C, bagi lulusan 2019 sampai 2022. Rata-rata nilai rapor dan ujian sekolah adalah 70,00, sedangkan bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat minimal 65,00.

– Pemegang ijazah sekolah di luar negeri harus mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

×