Breaker Point (Platina) Adalah: Pengertian, Konstruksi, dan Cara Kerja

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai plunger dan cara kerjanya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Saat ini perkembangan teknologi terbukti berkembang dengan begitu pesat. Hal tersebut membuat banyak orang mengembangkan mesin atau otomotif untuk menjalankan beberapa aktivitas manusia. Salah satu komponen dari mesin tersebut adalah breaker point (platina).

Baca juga: Plunger Adalah? Pengertian, Komponen, dan Cara Kerja

Baca juga: Arti Kata Zauji Adalah: Berikut Penjelasan dalam Penggunaannya

Baca juga: Posisi Lotus Adalah? Ini Dia Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Ketika Berhubungan Intim

Apa Itu Breaker Point (Platina)?

Dilansir dari berbagai sumber, breaker point (platina) adalah bagian dari komponen-komponen sistem pengapian konvensional. Brekaer point pada sistem pengapian tersebut memiliki fungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari kumparan primer koil pengapian ke massa yang bertujuan untuk membentuk induksi listrik tegangan tinggi pada kumparan sekunder koil pengapian.

Breaker point bekerja seperti switch atau saklar, yang mana pembukaan breaker point dilakukan ketika nok distributor menekan tumit ebonit dan menutup ketika tumit ebonit tidak tertekan oleh nok distributor.

Berikut ini adalah gambar konstruksinya:

×