×

Contoh Karya Nonfiksi dan Cara Mengetahui Unsurnya, Bisa Untuk Mengetahui Resensinya Dengan Mudah!

by

OTONITY.com – Sebuah karya fiksi dan non-fiksi memang banyak sekali jenis dengan beberapa unsur yang membedakannya. Apalagi dalam pembahasan karya non-fiksi pasti memiliki hal-hal khusus yang perlu dipahami agar dapat diketahui contoh dari karyanya.

Buku nonfiksi sendiri dapat diartikan sebagai karya yang berdasarkan fakta dan kenyataan sesuai ilmu pengetahuan. Tentu saja hal ini berbanding terbalik dengan karya fiksi yang biasanya berhubungan dengan sarana hiburan. Untuk itu, perlu dipahami juga contoh-contoh dari karya nonfiksi yang dapat kamu ketahui di pembahasan berikut.

Baca Juga: Cek Fakta Menarik Film Nope 2022, Gabungkan Horor Fiksi dan Ilmiah Jadi Satu Dijamin Pecah Abis!

Baca Juga: Cara Menyalakan Hotspot iPhone, Lengkap dengan Cara Setting APN, Gampang Banget dan Langsung Berhasil

Baca Juga: Dana Bos Kemenag Tahap 2 Sudah Cair! Sebesar 2,2 Triliun Untuk Madrasah di Indonesia

Sering kali kita mendengar istilah resensi yang biasanya berkaitan dengan resensi novel yang berhubungan dengan karya fiksi. Bukan berarti lawan dari fiksi, karya nonfiksi ternyata juga dapat diresensi dengan memperhatikan unsur-unsur bukunya.

Selain itu, kita juga harus memahami tujuan dari resensinya sendiri agar dapat memberikan kemudahan ketika membaca dan mengetahui makna isi buku nonfiksi tersebut.

Unsur buku nonfiksi

Buku nonfiksi sendiri memiliki unsur yang dapat melatarbelakangi jika buku tersebut masuk dalam kategori buku nonfiksi. Berikut ini keterangan lengkap mengenai unsur buku nonfiksi.

Sampul Buku

Sampul buku menjadi bagian pertama unsur buku nonfiksi yang perlu diketahui sebelum menelaah isi dari buku non fiksi. Pada bagian sampul ini biasanya memuat judul buku, penulis, dan nama penerbit. Dari hal tersebut, kita bisa memilah dengan judul yang dirasa berisi suatu informasi fakta berarti buku tersebut masuk nonfiksi.

Pokok Bab Buku

Pastikan kamu juga melihat isi buku secara sekilas dengan memperhatikan pokok-pokok dalam buku. Di dalamnya, kamu bisa melihat beberapa kata pengantar, latar belakang, tujuan penulisan, hingga manfaat isi buku. Jika ada hal tersebut berarti dapat diartikan jika buku yang dimaksud adalah buku nonfiksi.

Judul Bab dan Sub Bab