Salam Assalamualaikum Ya Ahli Kubur, Begini Adab Berziarah Kubur yang Baik dan Benar

by

OTONITY.com – Ringkasan informasi ang akan membahas tentang salah satu adab berziarah kubur yakni mengucapkan Assalamualaikum ya Ahli Kubur. Ucapan salam yang ditujukan untuk mayit atau orang yang sudah berada di alam kubur.

Ziarah kubur merupakan suatu amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan dalam agama Islam, terutama berziarah ke makam orang tua atau saudara kita sendiri. Ziarah kubur merupakan amalan sunah dan termasuk amalan ibadah yang dimuliakan oleh Allah Swt.

Melakukan ziarah kubur biasanya dengan cara datang ke pemakaman, lalu mengucapkan salam Assalamualaikum ya ahli kubur dan kemudian mendoakan seseorang yang kita kunjungi makamnya.

Baca Juga : Doa Minta Jodoh Untuk Katolik yang Cepat Dipertemukan dan Sehidup Semati

Baca Juga : Doa Mimpi Basah dan Tata Cara Mandi Wajib Beserta Niatnya, Awas Jangan Sampai Keliru!

Baca Juga : Kuatkan Aku Ya Allah: Doa Agar Diberi Kekuatan oleh Allah Swt, Inshaallah Allah Permudah

Yang perlu kalian ingat adlaah kita yang masih hidup seharusnya mendoakan yang sudah meninggal agar dijauhkan dari siksaan alam barzah. Jadi bukan kita yang malah meminta doa atau meminta pertolongan kepada yang di dalam kubur.

Biasanya ziarah kubur dilakukan secara bersama – sama dengan anggota keluarga. Dalam agama Islam, ziarah hanyalah dijadikan sebagai sarana agar seorang muslim mengingat kematian dan lebih bertaqwa lagi kepada Allah Swt.

Mengucapkan salam Assalamualaikum ya ahli kubur menjadi salah satu adab ketika kita melakukan ziarah kubur.

Salam Assalamualaikum Ya Ahli Kubur

Abu Muwaihibah menceritakan bahwa ia menemani Rasulullah berkunjung ke Baqi, salah satu tempat pemakaman di Madinah. Ketika masuk ke area pemakaman, Rasulullah SAW bersabda:

“Assalamualaikum, ya ahli kubur semua! Kalian sudah tidak lagi merasakan apa yang terjadi pada pada manusia sekarang. Jika saja kalian mengetahui peristiwa yang terjadi, ketahuilah Allah selamatkan kalian dari bahayanya, fitnah-finah terus terjadi bagaikan malam hari yang gelap gulita, terus datang silih berganti. Masa-masa belakangan lebih buram daripada masa-masa sebelumnya. (HR. Muslim)

Baca Juga : Intip Doa Untuk Istri dan Ucapan Anniversary Pernikahan yang Romantis dan Bikin Rumah Tangga Harmonis

Baca Juga : 2 Doa Supaya Wajah Jadi Glow Up! Aura Kecantikan Akan Keluar Seperti Bidadari dari Kayangan!

×