Macam Alat Ukur Listrik Dengan Segala Fungsinya, Mulai Dari yang Umum Hingga Khusus

by

OTONITY.com –  Energi listrik menjadi salah satu hal yang sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia masa kini. Penggunaan energi listrik sendiri ternyata dapat diketahui besarannya berdasarkan beragam alat ukur yang dapat digunakannya.

Dalam melakukan pengukuran listrik sendiri tidak boleh dilakukan secara asal karena risiko bahayanya. Untuk itu, terciptalah beragam alat ukur listrik yang dapat diketahui dan memiliki macam jenisnya. Bagi kamu yang sedang mencari informasinya, selengkapnya dapat simak pembahasan berikut.

Baca juga: Oximeter: Alat Ukur Oksigen Lengkap Dengan Harga Terbaru dan Cara Pakainya Buat Cek di Rumah

Baca juga: Alat Ukur Curah Hujan atau Ombrometer: Pengertian Tujuan, Prosedur, dan Cara Penggunaan

Baca juga: Daftar Harga Alat Ukur Darah Tensimeter Digital Omron Terbaru Tahun 2022, Wajib Punya di Rumah

Besaran energi listrik secara tidak langsung dapat diketahui melalui tegangan, arus, resistansi, daya, faktor kerja, dan lain-lainnya yang dapat diketahui menggunakan alat ukur listrik. Alat ukur yang digunakannya pun memiliki macam fungsi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Praktisnya, agar kamu dapat membedakan beragam alat ukur listrik ini dapat simak informasi berikut.

Ragam Alat Ukur listrik

Ampere meter

Ampere meter memiliki fungsi dalam mengukur arus pada suatu rangkaian elektronika maupun rangkaian elektrikal, ampere meter memiliki satuan A (ampere) atau biasa di tulis dengan rumus I, dan susunan tangganya dapat diketahui dari µA, mA, A, kA.

Volt meter

×