Alat Ukur Tidak Baku: Macam Jenis dan Kegunaannya yang Berbeda-beda

by

OTONITY.com –  Dalam kehidupan sehari-hari jika ingin mengukur sesuatu biasanya kita membutuhkan sebuah alat ukur. Alat ukur sendiri dapat kita ketahui dari berbagai macamnya dan jika diketahui melalui jenisnya terdapat alat ukur yang dibagi menjadi alat ukur tidak baku dan baku.

Dalam pembahasan alat ukur tidak baku terdapat juga beberapa macam yang termasuk di dalamnya. Jika kamu sedang mencari contoh-contoh dari alat ukur tidak baku dapat diketahui pada pembahasan berikut.

Baca juga: Macam Alat Ukur Listrik Dengan Segala Fungsinya, Mulai Dari yang Umum Hingga Khusus

Baca juga: Oximeter: Alat Ukur Oksigen Lengkap Dengan Harga Terbaru dan Cara Pakainya Buat Cek di Rumah

Baca juga: Alat Ukur Curah Hujan atau Ombrometer: Pengertian Tujuan, Prosedur, dan Cara Penggunaan

Ketika mengukur sebuah benda, baik itu bentuk dimensi atau berdasarkan kondisi fisiknya kita memerlukan sebuah alat bantu ukur. Jika membahas alat ukur tidak baku, kita dapat mengetahui jika alat ukur tersebut tidak memenuhi persyaratan yang layak karena ada beragam persepsi.

Namun, kita dapat mengetahui beberapa contoh alat ukur tidak baku dicontohkan sebagai berikut.

Contoh Alat Ukur Tidak Baku

Jengkal atau telapak tangan

Ukuran jengkal atau telapak tangan dapat digunakan sebagai sebuah alat ukur, namun masuk dalam jenis yang tidak baku. Hal ini tentu karena setiap ukuran jengkal setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Apalagi jika membandingkannya dengan orang yang berbeda ras, seperti pastinya ukuran jengkal orang Asia lebih pendek dari ukuran jengkal orang Eropa.

Langkah kaki

×