Standart SNI Karat Emas di Indonesia, Disertai dengan Rumus Perhitungannya!

by

OTONITY.com – Emas merupakan salah satu alat untuk melakukan investasi yang lebih aman dan tanpa ada inflasi. Hal inilah yang membuat orang – orang menjadi memutuskan pilihan mereka untuk memilih emas sebagai alat investasi mereka.

Saat membeli emas kita perlu memperhatikan kadar dari emas itu sendiri. Hal ini dikarenak bisa menentukan harga dari emas atau perhiasan, serta kesehatan d,an kekuatan emas itu sendiri. Toko – toko perhiasan biasanya memberikan tanda pada emas yang mereka jual dengan kadar 9k, 14k, 18k, 17k, 22k, dan lains sebagainya.

Kadar emas merupakan jumlah kandungan emas murni pada perhiasan. Sebab biasanya perhiasan emas sudah dicampur dengan bahan-bahan lain. Seperti diketahui emas murni (100%) memiliki kadar 24 karat.

Baca Juga : Daftar Pemeran Film Daeng, Melix Efe Aygun Tampil Menggemaskan Jadi Hantu Kecil!

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Kode Biss Key: Pengertian, Daftar Kode Terbaru, Sampai Cara Memasukkannya!

Baca Juga : Berapa Kode Emas Arab Saudi? Berikut Kode Emas Arab Saudi dan Yang Lainnya

Kadar emas dinyatakan dalam istilah karat, seperti 9 karat (9K), 14 karat (14K), 17 Karat (17K), 18 karat (18K) hingga 24 karat (24K). Kadar emas juga dinyatakan dalam persen (%). Semakin tingga kandungan emas, tentunya makin tinggi harga jualnya.

Jadi bisa dikatakan maksud dari emas 16K itu adalah emas yang mengandung kadar emas 66,6 persen. Rumusnya adalah 16/24 x 100. Bila kita beli emas kadar 16 karat ini di toko emas, tidak boleh terkejut jika toko emas menjualnya dengan istilah Emas 23.

×