8 Jenis Rumah Adat Padang, Mulai Rumah Gadang hingga Rumah Gadang Gonjong Anam

by

OTONITY.com – Kali ini otonity.com akan memberikan ringkasan informasi singkat yang akan membahas tentang jenis – jenis salah satu rumah adat di Indonesia yakni rumah adat Padang. Silahkan simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan informasi secara lengkapnya.

Masyarakat Indonesia memang memiliki begitu banyak budaya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke dan menarik untuk dieksplorasi. Dalam hal ini salah satu contohnya adalah Rumah Adat. Dari sekian banyak rumah adat yang ada di Indonesia, kali ini kami akan membahas mengenai sejarah dan keunikan Rumah Adat Padang. Simak terus ulasannya di bawah ini agar tak ketinggalan informasinya.

Kota Padang terkenal akan masakannya yang legendaris dan penuh citarasa yakni rendang, namun selain itu, rupanya Padang juga memiliki ciri khas arsitektur unik yang tergambar jelas dair bentuk rumah adatnya.

Baca Juga : Jenis-jenis Rumah Adat Batak dan Kegunaannya, Mulai Rumah Adat Karo hingga Angola

Baca Juga : 4 Jenis Nama Rumah Adat Betawi: Berikut Penjelasan, Filosofi, dan Sejarahnya

Baca Juga : Gambar Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya Penuh Filosofi Sejarah Kehidupan

Penduduk Padang mayoritas berasal dari suku Minangkabau. Selain itu, masyarakat etnis pendatang seperti suku Jawa, Tionghoa, Batak, Aceh, Nias, Mentawai, dan Tamil juga bermukim di kota ini.

Walupun memiliki populasi termasuk heterogen, masyarakat Padang dikenal menjunjung tinggi dan bangga akan tradisi nenek moyang mereka.Rumah Gadang sendiri adalah rumah adat khas Minangkabau yang banyak dijumpai di Sumatera Barat, dan menjadi salah satu ikon budaya provinsi tersebut.Rumah Gadang juga dkerap disebut rumah Godang, rumah Bagonjong, atau rumah Baanjuang memiliki gaya arsitektur yang khas dengan bentuk desainnya yang unik.

Sekilas bentuknya mirip seperti rumah panggung dengan atap menyerupai kepala kerbau yang biasa disebut dengan gonjong.Rupanya bentuk gonjong yang runcing ini diibaratkan sebagai harapan mencapai Tuhan juga sekaligus sebagai pertanda kedatangan nenek moyang mereka dari kapal laut.Dinding rumah yang kebanyakan masih terbuat dari jerami ataupun bambu melambangkan kekuatan masyarakat yang telah terbentuk dengan kuat sedari dini.Sedikit informasi, pada zaman dahulu bangunan tersebut tidak memakai paku, tetapi menggunakan pasak kayu sebagai pengait yang kuat.

Baca Juga : Kumpulan Gambar Rumah Adat Padang, Penuh Keindahan dan Sangat Memukau!

Baca Juga : Sejara Rumah Adat Minangkabau (Padang), Jadi Ikon Budaya Sumatera Barat

Baca Juga : Kumpulan Gambar Rumah Adat Batak Lengkap, Miliki Keunikan dan Keindahan di Setiap Desainnya

Jenis-jenis Rumah Adat Padang

1. Rumah Gadang

Ciri khas Rumah Gadang adalah bentuk atapnya yang runcing menyerupai tanduk kerbau. Yang mulanya terbuat dari ijuk. Rumah Gadang berbentuk persegi panjang menyamping dan umumnya hanya ada 1 tangga di bagian depan.

×