×

Kode Warna Resistor 1K Ohm: Pengertian, Fungsi, Cara Membaca dan Menghitung

by

OTONITY.com – Berikut ini adalah informasi mengenai kode warna resistor 1k yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam listrik sendiri juga terdapat beberapa istilah dan komponen, salah satunya adalah resistor. Dilansir dari berbagai sumber, resistor biasa juga disebut dengan hambatan.

Baca juga: Simak Cara Menghitung Kode Warna Resistor Terlengkap dari 4 Gelang Hingga 6 Gelang

Baca juga: Kode Warna Free Fire (FF) Terbaru dan Terlengkap 2022, Dilengkapi dengan Tata Cara Pemasangan

Baca juga: Kode Warna Resistor Menyatakan Apa? Cari Tau Penjelasan dan Cara Bacanya Disini!

Resistor atau hambatan adalah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi guna menghambat serta mengatur arus listrik di dalam suatu rangkaian elektronika.

Resistor atau hambatan diketahui memiliki satuan yang disebut dengan Ohm. Biasanya resistor diwakili dengan kode angka maupun gelang warna yang ada pada badan resistor itu sendiri. Hambatan resistor juga kerapkali disebut dengan resistansi atau resistance.

Untuk menambah informasi, berikut ini adlaah beberapa fungsi resistor yang harus kamu ketahui:

1. Pembagi tegangan.
2. Untuk aplikasi power karena membutuhkan frekuensi respon yang baik, daya yang tinggi dan nilai yang lebih besar daripada power wirewound resistor.
3. Untuk aplikasi DC yang membutuhkan keakuratan yang sangat tinggi.
4. Sebagai standart didalam verifikasi keakuratan dari suatu alat ukur resistive.
5. Untuk pengatur tegangan output pada power supplay.

Kode Warna Resistor 1K Ohm

Dilansir dari berbagai sumber, resistor 1k, dimana “k” mewakili singkatan “kilo”, yang berarti 1,000. Nilai sebuah resistor 1k adalah 1000 ohm. Berikut ini adlaah gambar resistor 1k ohm: