×

Cara Membaca Jangka Sorong yang Akurat, Dijamin Mudah Dipraktekkan

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membaca jangka sorong agar tidak salah dan tepat guna yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Alat ukur sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sesuatu. Jenis alat ukur sendiri berbagai macam yang mana sesuai dengan fungsi penggunaannya. Selain itu, penggunaannya harus tepat guna menghindari kerusakan.

Baca juga: Cara Zoom Video TikTok Terbaru Untuk Lihat FYP Kamu Dengan Lebih Detail, Ternyata Gampang!

Baca juga: Link Baca Komik Can I Take It Back Chapter 14 Bahasa Indonesia, Semakin Seru! Pastikan Kalian Baca Secara Legal ya

Baca juga: Cara Mendapatkan Burung Hantu Hoot Free Fire yang Baru Saja Rilis Secara Gratis, Buruan Klaim

Banyak sekali alat-alat yang sering digunakan untuk menghitung ukuran dan salah satunya adalah jangka sorong. Di sekolah, kita dapat menggunakan alat ini untuk pelajaran.

Jika di pabrik atau bengkel karena jangka sorong berguna sebagai mendeteksi atau mencocokkan panjang serta diameter dari mesin yang akan diganti. Selain itu, jangka sorong pun juga bisa berfungsi sebagai alat ukur bagi para ahli kunci.

Tentang jangka sorong

Jangka sorong pertama kali ditemukan pada tahun 1613 oleh Pierre Vernier. Jangka sorong menjadi alat ukur panjang yang memiliki batas ukur sampai 10 cm dengan tingkat ketelitian mencapai 0,1 mm atau 0,01 cm. Selain itu, jangka sorong mempunyai banyak ukuran dengan rentang pengukuran dari 100 mm sampai dengan 3000 mm atau 4 inci sampai 120 inci.

Fungsi jangka sorong tidak sebatas untuk mengukur panjang saja. Akan tetapi juga untuk mengukur diameter cincin, diameter bagian dalam pipa, hingga mengukur kedalaman suatu benda. Dengan beberapa fungsi tersebut kita juga akan lebih mudah dalam menghitung luas suatu benda yang ingin diukur.

Jangka sorong dapat digunakan untuk banyak hal. Contohnya dalam dunia industri, jangka sorong bisa digunakan dalam proses perancangan atau desain, manufaktur, hingga pengecekan akhir terhadap suatu produk. Tentu saja masih ada banyak manfaat lain dari alat ukur ini.