×

Jabatan Manajer Operasional di Perusahaan, Tugasnya Apa Saja Ya?

by

OTONITY.com – Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, beberapa posisi dengan berbagai tanggung jawabnya perlu disusun agar kinerjanya dapat mencapai tujuan dibentuknya wadah tersebut seperti dengan menggait seorang manajer operasional. Seorang manajer operasional memiliki tanggung jawab yang penting dalam meningkatkan kinerja organisasi dengan mengatur berbagai risiko yang mungkin terjadi dalam proses operasional organisasi/instansi.

Selain itu, ternyata ketika menjadi manajer operasional ada beberapa hal penting dari tugas hingga kemampuan yang harus dimiliki. Selengkapnya dapat simak pembahasan berikut ini.


Baca juga: Cek 10 Perusahaan Outsourcing Terbaik di Jakarta, Cocok Banget Buat Kamu yang Jago Multitasking

Baca juga: Administrasi Gudang Adalah: Pengertian dan Tugas Administrasi Gudang dalam Perusahaan

Baca juga: Berbagai Manfaat Terdaftar di PSE Kominfo, Banyak Keuntungan Bagi Masyarakat dan Perusahaan!

Dapat diketahui dalam sebuah perusahaan banyak sekali posisi penting yang harus diisi, seperti posisi manajer operasional. Seorang manajer operasional bertanggungjawab atas manajer lain dan karyawan pada suatu bagian dalam organisasi. Hal ini karena kegiatan operasional dalam organisasi merupakan yang paling banyak mengeluarkan biaya, seorang manajer operasional dituntut untuk mampu mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak.

Konsep seorang manajer operasional sendiri harus jelas dan mampu mampu menjalankan tugas dan fungsi-fungsi manajerial suatu organisasi atau instansi dengan baik yang selengkapnya dapat disimak di pembahasan berikut.

Sekilas tentang manajer operasional

Manajer operasional adalah posisi atau jabatan di sebuah perusahaan yang  bertanggung jawab dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi dan mengelola potensi risiko agar bisa ditekan dan tidak terjadi. Secara umum, tugasnya memiliki cakupan yang cukup luas karena bertanggung jawab terhadap kegiatan manajerial, produktivitas, hingga melakukan kontrol terhadap efektivitas dan efisiensi yang sejalan dengan kebijakan di perusahaan.

Lebih lanjut, gaji dari manajer operasional tergolong karena mengingat tugas dan tanggung jawab yang dipegang oleh seorang manajer tidak mudah. Secara umum, manajer operasional Rp 6.000.000,00- Rp 8.000.000,00/ bulan. Gaji yang diberikan tentunya mengacu pada tingkat level seorang manjer operasional.

Tanggung jawab manajer operasional

Perlu diketahui bahwa tanggung jawab seorang manajer operasional secara kompleks dibagi seperti berikut.

Tanggung jawab harian

– Mengawasi pengelolaan pelaksanaan kegiatan perusahaan.

– Mengawasi pengelolaan pelaksanaan project.

– Mengelola pelaksanaan kegiatan perencanaan pelelangan.

– Melakukan koordinasi kerja harian.

– Melaksanakan jadwal dan kegiatan pelelangan.

– Mengecek status kegiatan pelaksanaan project.

– Melakukan pengecekan ke tiap-tiap PIC.