×

Pengertian Alur Cerita Menurut Para Ahli, Lengkap dengan Fungsi dan Jenis-Jenisnya

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dan jenis alur cerita yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Setiap cerita tentunya memiliki alur. Hal tersebut agar cerita tersebut bisa dibaca secara runtut dan lebih menarik. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui makna dari alur cerita sebenarnya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui lebih lanjut, baca artikel ini sampai habis!

Baca juga: Tabel Skala Likert Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Bentuk, dan Rumus

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Maut Truk Bekasi, Mayoritas Korban Adalah Anak SD

Baca juga: NTR Adalah? Simak Pengertian dan Contohnya Disini! Jadi Viral IG Usai Animator Doujinshi Ngaku Mengalaminya

Pengertian Alur Cerita Menurut Para Ahli

Diketahui jika alur cerita adalah salah satu unsur intrinsik dalam sebuah cerita. Unsur alur tersebut akan disusun melalui setiap tahapan yang ada. Mulai dari tahap pengenalan hingga tahap akhir cerita.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, alur cerita adalah plot yang memiliki arti jalan cerita atau alur cerita yang ada di dalam sebuah novel, sandiwara dan lain sebagainya.

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah pengertian alur cerita menurut para ahli:

1. Aminudin

Aminudin menjelaskan jika alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk dari fase-fase peristiwa. Itu artinya satu cerita bisa membentuk berbagai macam peristiwa yang ada. Alur juga adalah suatu struktur dari rangkaian peristiwa yang ada dalam sebuah cerita yang nantinya juga akan disusun saling berkaitan fungsional.

2. Rusyana