×

Kumpulan Alur Cerita Sesuai dengan Jenis-Jenisnya, Bisa Jadi Inspirasi Tugasmu!

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah contoh dari alur cerita sesuai dengan jenis-jenisnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui jika alur cerita adalah salah satu unsur intrinsik dalam sebuah cerita. Unsur alur tersebut akan disusun melalui setiap tahapan yang ada. Mulai dari tahap pengenalan hingga tahap akhir cerita.

Baca juga: Contoh Surat Pernyataan Tidak Mengulangi Kesalahan, Ada Beragam Jenisnya Lho!

Baca juga: Contoh Visi Misi Perusahaan, Perhatikan Jenis Usahamu Untuk Sesuaikan Target, Ya!

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Tidak Mengulangi Kesalahan, Perhatian Tujuan Penulisannya, Ya!

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, alur cerita adalah plot yang memiliki arti jalan cerita atau alur cerita yang ada di dalam sebuah novel, sandiwara dan lain sebagainya.

Jenis Alur Cerita

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah jenis-jenis alur cerita:

1. Alur Cerita Maju

Dimana alur maju ini juga bisa disebut dengan istilah progresif memiliki arti tindakan akan memuncak pada bagian akhir cerita.

2. Alur Cerita Mundur

Alur cerita mundur adalah tindakan yang akan menceritakan tentang masa lalu dari tokoh yang diangkat dalam cerita tersebut.

3. Alur Cerita Campuran

Alur cerita campuran bisa diibaratkan seperti sungai yang dimulai pada titik tertinggi yang kemudian akan berlanjut menceritakan masa lalu hingga bagian paling akhir.

Contoh Alur Cerita

Berikut ini adalah contoh-contoh alur cerita yang harus kamu ketahui:

– Contoh Cerita Alur Maju (Perjalanan Kami)