×

Biografi Umar Kayam Sastrawan Indonesia, Simak Profil dan Biodata Singkatnya

by

OTONITY.com – Kali ini otonity.com akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang sosok Umar Kayam seorang budayawan dan juga satrawan Indonesia. Bagi kalian yang ingin mengetahui biografi singkat dari Umar Kayam silahkan simak artikel ini hingga akhir ya.

Di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Umar Kayam. Beliau adalah seorang yang selalu aktif dalam segala bidang selama masa hidupnya. Tak hanya dikenal sebagai budayawan saja, Umar Kayam juga dikenal sebagai sastrawan, sosiolog, kolumnis, mantan pejabatm penulis skenario, bahkan beliau juga merupakan aktor film.

Umar kayam merupakan pemeran tokoh Ir Soekarno dalam sebuah film layar lebar produksi Pusat Film Nasional (PFN) dengan judul “Pengkhianatan G 30 S PKI”. G 30 S PKI merupakan sebuah film dokumenter yang dijadikan oleh pemerintah sebagai tontonan wajib masyarakat Indonesia pada zaman Orde baru.

Baca Juga : Biografi Daendels Yang Viral Dibandingkan Dengan Jokowi Jadi Trending Topik Twitter

Baca Juga : Profil dan Biografi Soeharto, Presiden Kedua Republik Indonesia dengan Masa Jabatan Paling Lama

Baca Juga : Mengenal Rohana Kudus Pahlawan Emansipasi Wanita dan Sejarah Singkat Perjuangannya

Profil Umar Kayam

Umar Kayam lahir pada tanggal 30 April tahun 1932 di Ngawi, Jawa Tengah. Meski orang tua Umar tinggal di Solo namun, saat jelang hari kelahirannya orang tua Umar Kayam sengaja datang ke Ngawi yakni tempat kakek dan neneknya karena sang kakek ingin cucu pertama  lahir di rumahnya.

Mungkin jika menyebut nama Umar Kayam yang terlintas dalam fikiran kita adalah seorang sufi dan matematikawan Umar Khayyam asal Persia. Tapi memang benar dari situlah sang ayah, Sastrosekoso terinspirasi memberikan nama untuk anak pertamanya.

Nama memang merupakan sebuah harapan, sang ayah berharap Umar menjadi seorang yang cemerlang seperti Umar Khayyam dan akhirnya Umar Kayam dikenal sebagai sastrawan, budayawan, sosiolog, dan juga aktor film.

Umar kayam menikahi gadis Minang yang bernama Roosliana Hanoum pada tanggal 1 Mei 1959 di Medan. Sita, putri sulungnya, misalnya, menyukai tari Jawa, tetapi kurang bisa berbahasa Jawa. Umar kayam, yang sangat peduli terhadap budaya Jawa, tidak mau ikut campur untuk memaksa putrinya harus menguasai bahasa Jawa, meskipun menurut pikirannya seharusnya memang demikian.

Baca Juga : Biografi WS Rendra, Sastrawan Populer Indonesia, Si Burung Merak Pendiri Bengkel Teater Rendra

Baca Juga : Biografi Ian Gillan, Vokalis Band Rock Klasik Populer Deep Purple

Baca Juga : Biografi Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia: Perjalanan Hidup Pahlawan Pendidikan

Biodata Umar Kayam

– Lahir: 30 April 1932, Ngawi, Hindia Belanda