×

Daftar Harga Listrik Per kWh di Bulan September 2022, Dampak Dari Penghapusan Daya Listrik 450 VA

by

OTONITY.com – Pemerintah perlahan-lahan memberikan berbagai kebijakan baru yang banyak sekali membuat surprise atau kejutan kepada masyarakat miskin.

Setelah kebijakan kenaikan BBM yang menimbulkan banyaknya aksi demo, kali ini pemerintah menyepakati penghapusan daya listrik 450 VA dan ada penetapan baru terkait daftar harga listrik yang kini berubah.


Baca Juga: Harga Listrik Per kWh Diganti Mulai Bulan September 2022 Ini, Banyak yang Resah: Orang Miskin Tambah Melarat!

Baca Juga: Jadwal Rekrutmen PPPK 2022, Catat Jadwal dan Informasi Lengkapnya Berikut Ini

Baca Juga: Cara Menanam Pinang, Punya Banyak Manfaat dan Bisa Jadi Komoditi Ekspor!

Sebelumnya, beredar wacana jika listrik 450 VA akan dihapuskan pemerintah. Ternyata, wacana ini menjadi perwujudan kebijakan pemerintah yang mulanya diusulkan oleh DPR. Hal ini membuat daya rumah masyarakat miskin akan naik dari 450 VA ke 900 VA.

Biasanya, harga listrik 450 VA antara Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu per bulan. Lalu, listrik dengan daya 900 VA tarifnya sekitar Rp 100 ribu per bulan.

Tentu saja hal ini membingungkan karena kebijakan ini terasa tiba-tiba. Pasalnya, selama ini pelanggan PLN 450 VA mendapat subsidi dari pemerintah. Masyarakat pun harus bersiap dengan kenaikan tarif listrik dan dapat diketahui gambaran list daftar harganya sebagai berikut.

Daftar Harga Listrik Per Kwh di Bulan September 2022

Beberapa golongan tarif listrik diperlihatkan pembagiannya sebagai berikut.

Golongan rumah tangga

– Golongan R-1/TR daya 900 VA, Rp 1.352 per kWh.