×

Apa Saja Teori Belajar Menurut Para Ahli? Cek Jawaban Paling Lengkapnya Disini!

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian teori belajar menurut para ahli yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam sebuah sistem, setiap individu diharuskan bisa belajar dan beradaptasi untuk bertahan. Belajar sendiri merupakan sebuah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.


Baca juga: Kidung Jawa Adalah: Pengertian, Fungsi, Lengkap dengan Contohnya

Baca juga: Bocoran Spoiler Webtoon Surviving as a Fish Chapter 11, Masa Lalu Si Ikan Koi, Ternyata Dia Adalah Seorang Gadis!

Baca juga: Ayam Afkir Adalah? Simak Pengertian Lengkap dengan Ciri-Cirinya Disini!

Dalam pelaksanaannya, belajar memiliki beberapa teori yang harus kamu ketahui. Lantas, ada berapakah teori belajar itu? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya!

Teori Belajar Menurut Para Ahli

Dilansir dari berbagai sumber, dalam pelaksanaannya, belajar memiliki beberapa teori yang sudah dikemukakan oleh para ahli. Teori-teori yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

– Teori Kognitif

Teori kognitif mulai berkembang pada abad 20-an. Secara sederhana teori tersebut menggambarkan bahwa belajar adalah aktivitas internal yang terdiri dari beberapa proses, seperti pemahaman, mengingat, mengolah informasi, problem solving, analisis, prediksi, dan perasaan.

Terdapat pula yang menggambarkan bahwa teori belajar kognitif itu ibarat komputer. Proses awalnya dimulai dengan input data, kemudian mengolahnya hingga mendapatkan hasil akhir. Beberapa tokoh yang berperan mengembangkan teori ini adalah Jean Piaget, Bruner, dan Ausubel.