×

Pengertian Diagram Kartesius Lengkap Dengan Koordinat, Cara Membuat, dan Contoh Soalnya Terbaru

by

OTONITY.com – Baca artikel ini hingga usai untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai pengertian diagram kartesisu, lengkap dengan contoh soanl, koordinat dan cara membuatnya, yang sudah kami siapkan untukmu di bawah ini.

Kartesius atau cartesius adalah latinisasi untuk Descartes yang juga merupakan nama dari seorang ahli matematika dari prancis yang berperan besar menggabungkan cabang ilmu matematika yaitu geometri dan aljabar.

Buat kamu yang belajar matematika pasti sudah tak aisng lagi dengan istilah ini di tingkat tertentu. Jika kamu tertarik dan penasaran, di bawah ini informasi selengkapnya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan di Internet dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Baca juga: 10 Contoh Benda Gas yang Ada di Kehidupan Sehari-Hari, Nggak Nyangka! Ternyata Ada Banyak

Baca juga: Kumpulan Contoh Akhlak Tercela dalam Kehidupan Sehari-Hari, Awas! Jangan Sampai Kamu Lakukan

Diagram Kartesius

Sumbu vertikal diberi label y dan sumbu horizontal diberi label x. kedua sumbu tersebut saling berpotongan pada sebuah titik yang kemudian diberi label O.

Yang mana notasi dalam menyatakan sebuah titik adalah (x,y) dimana x menyatakan nilai titik terhadap sumbu x (absis) dan y menyatakan nilai titik terhadap sumbu y (ordinat), sehingga urutan x dan y dalam (x,y) tidak boleh dibalik-balik.

Karena sumbu x dan sumbu y saling tegak lurus maka bidang xy kemudian terbagi menjadi 4 bagian (kuadran) yaitu kuadran I, II, III, IV yang urutannya melawan arah jarum jam dan dimulai dari kanan atas. Lebih jelasnya terdapat pada gambar dibawah