×

Rumah Adat Bugis: Penjelasan, Fungsi, dan Bagian-Bagian Rumah

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini, Otonity.com akan memberikan informasi mengenai rumah adat Bugis yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Rumah merupakan tempat terakhir yang menjadi tujuan untuk pulang. Untuk itu, dalam pembuatan rumah harus memperhatikan segi kenyamanan dan juga estetika yang sesuai dengan preferensi pribadi.


Baca juga: Analisis SWOT Diri Sendiri Adalah? Cek Pengertian dan Contohnya Disini

Baca juga: High Camera Angel Adalah? Simak Pengertian dan Tujuan Penggunaan Tekniknya Disini!

Baca juga: Sistem Starter Mobil Adalah: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Kerjanya Lengkap

Di Indonesia sendiri, setiap suku memiliki jenis rumah masing-masing. Hal tersebut lah yang membuat keberagaman di Indonesia memiliki nilai yang khas. Salah satu contoh rumah adat di Indonesia adalah Rumah Bugis.

Tentang Rumah Adat Bugis

Dilansir dari berbagai sumber, rumah suku Bugis dan Makassar memiliki kemiripan yaitu berbentuk panggung. Rumah adat tersebut hampir sama seperti rumah di Asia Tenggara.

Terdapat kayu yang atapnya berlereng dua, kerangka berbentuk H terdiri dari tiang dan balok. Tiang tersebut dirakit tanpa menggunakan pasak dan paku. Fungsi tiang tersebut untuk menopang lantai dan atap, sementara dinding diikat dengan tiang di bagian luar.