×

Lirik Kidung Ida Ratu Saking Luhur, Dilantunkan Saat Upacara Adat di Bali

by

OTONITY.com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ringkasan infromasi tentang  Kidung Kidung Ida Ratu. Bagi kalian yang ingin mengetahui kisah selengkapnya silahkan simak artikel ini hingga akhir ya.

Kidung merupakan suatu bentuk puisi lama, terutama yang berkembang sejak era sastra Jawa periode Tengahan, yaitu dari masa Majapahit akhir. Sebagai puisi lama, bentuknya sangat terikat dengan metrum yang ketat, dalam mengatur pola sajak (rima) dalam suatu bait, jumlah suku kata dalam satu baris, dan jumlah baris dalam satu bait.


Kesenian ini dikelompokan dalam sekar madya yang meliputi jenis-jenis lagu pemujaan, umumnya dinyanyikan dalam kaitan upacara, baik upacara adat maupun agama.

Baca Juga : Lirik Lagu Kidung Jemaat No 3: Kami Puji dengan Riang!

Baca Juga : Kidung Tegese? Simak Pengertian Dalam Bahasa Jawa, Fungsi, dan Contohnya

Baca Juga : Download Kumpulan Kidung Sunan Kalijaga Lengkap Mp3 Mp4 Lagu dan Vidoe Gratis Beserta Liriknya

Kelompok tembang yang tergolong sekar madya pada umumnya mempergunakan bahasa Jawa tengahan, yaitu seperti bahasa yang dipergunakan di dalam lontar / cerita Panji atau Malat, dan tidak terikat oleh Guru Lagu maupun Padalingsa.

Dilansir dari berbagai sumber, Kidung Ida Ratu merupakan salah satu kidung atau tembang seni suara atau karawitan di Bali yang biasa dilantunkan saat ada upacara adat tertentu di daerah Bali.

Lirik Kidung Wargasari yakni Ida Ratu Saking Luhur

Ida Ratu saking luhur,

kawula nunas lugrane,