Inilah 25 Nama Nabi dan Masing-masing Tugasnya, Mulai Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW

by

OTONITY.com – Ringkasan informasi yang akan membahas tentang nama nabi dan tugasnya yang kamu ketahui. Bagi kalian yang merasa mendapatkan soal tersebut silahkan simak artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan jawabannya ya.

Pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah kita dapatkan sejak kita beajar di bangku sekolah SD. Ada banyak sekali materi yang didapatkan dalam pelajaran agama atau PAI ini. Salah satunya adalah materi mengenai nama – nama nabi dan rosul.

Sebelum kita mengetahui nama – nama nabi dan rosul mari kita ketahui maknanya terlebih dahulu. Jadi nabi dan rosul merupakan dua sosok yang berbeda. Setiap rosul sudah pasti nabi, akan tetapi setiap nabi belum tentu menjadi rosul.

Baca Juga : Amalan Rebo Wekasan Sebagai Tradisi dan Dianjurkan Dilakukan, Untuk Meminta Perlindungan Allah Swt

Baca Juga : Contoh Akhlak Terpuji Kepada Allah SWT, Sesama Manusia, dan Diri Sendiri di Kehidupan Sehari-Hari

Baca Juga : Waktu Mustajab untuk Berdoa Allahuma Yassir, Perhatikan 13 Waktu Terbaik Ini Ya

Mengenal Nabi dan Rosul

Nabi merupakan seorang manusia yang diberi wahyu oleh Allah Swt akan tetapi tidak wajib disampaikan kepada umatnya. Sedangkan yang dimaksud dengan Rosul adalah seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah Swt dan wajib menyampaikan wahyu tersebut kepada para umatnya. Sebagaimana firman Allah sebagai berikut.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisa ayat 164:

وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَٰهُمْ عَلَيْكَ مِن قَبْلُ وَرُسُلًا لَّمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ ۚ وَكَلَّمَ ٱللَّهُ مُوسَىٰ تَكْلِيمًا

Artinya: “Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.” (QS Surat An Nisa: 164).

25 Nabi Beeserta Tugasnya

1. Nabi Adam As
Nabi Adam AS adalah manusia dan khalifah pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

2. Nabi Idris As
Nabi Idris adalah keturunan Nabi Adam yang dieknal dengan kecerdasannya. Ia adalah nabi pertama yang dapat menulis dan membaca.

3. Nabi Nuh As
Nabi Nuh masuk ke dalam golongan Ulul Azmi yang artinya memiliki cobaan berat namun mampu menghadapinya dengan penuh kesabaran. Nuh mendapatkan mulkjizat yaitu mempu membuat perahu yang besar untuk menyelamatkan manusia dan hewan dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As
Mukjizat Nabi Hud yakni mampu menurunkan hujan atas izin Allah, di saat kaum ‘Ad dilanda kekeringan hingga tanaman mati dan tak ada sumber air.

Baca Juga : Doa Nabi Sulaiman Untuk Memancing Ikan, Insya Allah Bisa Dapat Banyak Sambaran

×