×

Potensi Tanaman Sorgum di Indonesia, Banyak Manfaat Untuk Pangan dan Ekonomi

by

OTONITY.com – Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman yang populer dibudidayan di Indonesia saat ini. Pada artikel berikut ini, Otonity.com akan berbagi informasi mengenai potensi dari tanaman sorgum yang tidak boleh kamu lewatkan.

Tanaman merupakan salah satu jenis makhluk hidup penghuni bumi. Diketahui jika tanaman yang ada di seluruh permukaan bumi memiliki beberapa jenis yang berbeda. Hal tersebut dapat dilihat dari jenis daun, akar, batang, bunga, dan masih banyak lainnya.


Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Sorgum, Bahan Pangan Alternatif Masa Depan

Baca juga: Sorgum Adalah? Simak Pengertian, Klasifikasi Ilmiah, dan Asal Usulnya Disini!

Baca juga: Manfaat Sorgum Bagi Kesehatan Tubuh, Cocok Jadi Bahan Pangan Pengganti Nasi

Salah satu tumbuhan yang harus kamu ketahui adalah sorgum. Banyak orang yang sudah menggunakan tanaman tersebut di keseharian mereka. Namun, masih ada beberapa yang tidak mengenai apa itu sorgum dan manfaatnya.

Tentang Sorgum

Dilansir dari berbagai sumber, sorgum merupakan sebuah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Diketahui jika tanaman ini mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% – 7,9% dan 1,1% – 1,23%. Kandungan proteinnya juga seimbang dengan jagung sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%.

Potensi Sorgum

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah beberapa potensi yang didapatkan dari tanaman sorgum: