Mengapa Penggunaan Pestisida Harus Tepat Dosisnya? Ternyata Berhubungan Dengan Prinsip 6 Mutu!

by

OTONITY.com –  Dalam pembahasan ketika bertanam atau berkebun, pasti banyak yang bertanya mengapa penggunaan pestisida harus tepat dosisnya. Padahal, hal ini nantinya akan berhubungan dengan kualitas dan hasil produksi tanaman yang dihasilkan. Dengan begitu, tentu harus diperhatikan dengan baik.

Nah, agar mengetahui lebih dalam penggunaan pestisida dalam bertanam tanaman ini dapat kamu ketahui lebih dalam di pembahasan berikut ini.

Baca juga: Potensi Tanaman Sorgum di Indonesia, Banyak Manfaat Untuk Pangan dan Ekonomi

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias dan Cara Perbanyakannya, Pecinta Tanaman Wajib Tau Nih

Baca juga: Kumpulan Contoh Tanaman Hias dan Cara Perbanyakannya, Bikin Rumah Jadi Cantik dan Enak Dipandang

Di dunia pertanian, penggunaan pestisida memang memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan produksi.  Namun, para penggunanya perlu mengingat jika pestisida ini juga merupakan bahan kimia beracun yang dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan hidup.

Dengan begitu, dalam penggunaanya harus bijaksana sesuai konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Terdapat pembahasan tentang tujuannya bukan untuk memberantas atau membunuh hama, namun lebih dititiberatkan untuk mengendalikan hama tersebut hingga berada di bawah batas ambang ekonomi (ambang kendali). Hal ini karena keberadaan hama atau penyakit pada pertanaman belum tentu secara ekonomis akan menimbulkan kerugian.

Penggunaan pestisida pada tanaman

Dalam penerapan penggunaan pestisida sendiri dapat diperhatikan untuk menggunakannya secara bijak aman dan benar.  Hal ini berhubungan dengan prinsip 6 tepat dengan uraian berikut ini.

Tepat mutu

×