×

Jenis Tabel Skala Likert Lengkap Dengan Cara Membuatnya Serta Skala dan Rumus yang Harus Kamu Tahu

by

OTONITY.com – Di bawah ini adalah informasi mengenai jenis tabel skala likert yang harus kamu ketahui. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Jika kamu mempelejari ilmu pengetahuan sosial mungkin kamu akan menemukan skala likert sebagai salah satu media untuk menentukan pernyataan responden dalam sebuah survey.

Penggunaan skala likert dinilai cukup mudah dan praktis, karenanya ilmu yang pertama kali digunakan oleh Rensis Likert (1932) dari Amerika Serikat untuk menjelaskan suatu laporan ini masih beken hingga kini.

Baca juga: Pengertian Tabel Skala Likert Menurut Sugiyono dan Cara Menghitung Kuesionernya yang Tepat

Baca juga: Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Microsoft Word, Gampang Banget dan 100% Langsung Berhasil

Baca juga: Tabel Skala Likert Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Bentuk, dan Rumus

Sebagai informasi, skala Likert adalah skala yang digunakan untuk mengukur persepsi, sikap atau pendapat seseorang atau kelompok mengenai sebuah peristiwa atau fenomena sosial, berdasarkan definisi operasional yang telah ditetapkan oleh peneliti.

Pengertian dari tabel Skala Likert menurut Sugiyono adalah suatu skala untuk mengukur sikap yang dimiliki oleh responden. Bisa juga digunakan untuk melihat pendapat atau persepsi seseorang maupun sekelompok orang, sehingga mendapatkan jawaban yang tepat untuk fenomena sosial yang diteliti.

Jenis Skala Likert

Skala Likert Genap

1. Skala Likert 4 Poin: jenis skala Likert ini memungkinkan peneliti untuk memasukkan empat opsi ekstrem tanpa pilihan netral.