×

Cara Menghitung Skala Likert Lengkap Dengan Rumus dan Contoh Soalnya: Bikin Belajar Jadi Gampang

by

OTONITY.com – Baca artikel ini hingga usai untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai pertanyaan terkait cara menghitung Skala Likert, yang sudah kami siapkan untukmu di bawah ini.

Buat kamu yang sedang mempelajari materi terkait Skala Likert mungkin tak jarang menemui beberapa soal yang membingungkan. Tak perlu resah, kamu hanya perlu menghafal rumus berikut dan simak cara penyelesaiannya biar makin mahir.

Materi skala likert ini bisa jadi menyenangkan kalau kamu sudah tahu apa saja dasar-dasarnya. Maka dari itu, kini akan kami sampaikan ulasan untukmu di bawah ini.

Baca juga: Cara Bobol Password Higgs Domino Terbaru 2022, Anti Ribet dan Gampang Banget

Baca juga: Cara Pinjam Kuota Internet Axis Tanpa Pulsa Terbaru 2022, Gampang Banget dan Langsung Cair

Baca juga: Simak Cara Merawat Motor Listrik dengan Baik dan Benar, Dijamin Mesin Awet Selalu

Jika kamu mempelejari ilmu pengetahuan sosial mungkin kamu akan menemukan skala likert sebagai salah satu media untuk menentukan pernyataan responden dalam sebuah survey.

Penggunaan skala likert dinilai cukup mudah dan praktis, karenanya ilmu yang pertama kali digunakan oleh Rensis Likert (1932) dari Amerika Serikat untuk menjelaskan suatu laporan ini masih beken hingga kini.

Pengertian Skala Likert

Sebagai informasi, skala Likert adalah skala yang digunakan untuk mengukur persepsi, sikap atau pendapat seseorang atau kelompok mengenai sebuah peristiwa atau fenomena sosial, berdasarkan definisi operasional yang telah ditetapkan oleh peneliti.

Pengertian dari tabel Skala Likert menurut Sugiyono adalah suatu skala untuk mengukur sikap yang dimiliki oleh responden. Bisa juga digunakan untuk melihat pendapat atau persepsi seseorang maupun sekelompok orang, sehingga mendapatkan jawaban yang tepat untuk fenomena sosial yang diteliti.

Cara Menghitung Kuesioner Tabel Skala Likert

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah rumus yang digunakan untuk menghitung skala likert:

T x Pn

Keterangan:

T: total jumlah responden yang memilih
Pn: pilihan angka skor Likert

Cara Menghitung Skala Likert

Contoh soal: Sekelompok tim mahasiswa gizi sedang melakukan uji organoleptik (pengujian terhadap bahan makanan berdasarkan kesukaan) sebuah produk dengan menggunakan skala Likert. Aspek yang akan diukur dalam uji organoleptik tersebut adalah cita rasanya. Ada 100 responden atau panelis yang memberikan jawaban dari angket yang diberikan. Berikut rangkuman hasil penilaian 100 responden tersebut.