×

Lirik Lagu Genjer-Genjer Beserta Terjemahannya Dalam Bahasa Indonesia yang identik Dengan PKI

by

OTONITY.com – Artikel ini akan berisi pembahasan mengenai lirik lagu Genjer-Genjer lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia untuk kamu.  Untuk mengetahui informasinya, simak artikel yang sudah kami siapkan di sini sampai habis.

Buat kamu yang suka mempelajari sejarah pasti ingat kata Soekarno dong, jasmerah, jangan sekali-sekali merupakan sejarah. Hal ini karena sejarah adalah hal yang sangat penting dan menjadi fondasi dalam berdirinya suatu bangsa.

Pernahkanh kamu mendnegar lagu Genjer-Genjer? Berikut ini kami sampaikan pembahasan mengenai informasi selengkapnya yang sudah banyak dinantikan. Baca hingga usai, ya!

Baca juga: Lirik dan Chord Kidung Jemaat 410: Tenanglah Kini Hatiku, Pujian Gereja Pendamai Hati

Baca juga: Lirik Kidung Jemaat 410 (Tenanglah Kini Hatiku), Hati Terasa Jauh Lebih Damai

Baca juga: Kidung Ida Ratu Saking Luhur (Wargasari), Lirik dan Link Download Mp3 Mp4 Untuk HP dan Komputer

Genjer-Genjer memiliki kaitan yang sangat erat dengan sejarah Indonesia. Mungkin buat kita yang tumbuh di era orba, lagu ini menjadi momok yang menyeramkan karena dilarang dimanapun.

Lantas apa sih makna lagu ini sebenarnya sampai dilarang oleh pemerintahan? Mengingta 30 September mendatang kita memperingati hari terpedih dalam sejarah bangsa ini, yuk pelajari arti Genjer-Genjer.

Lagu Genjer-Genjer diciptakan oleh salah satu seniman asal Banyuwangi, Muhammad Arif dengan bahasa Osing (bahasa daerah Banyuwangi). Namun, Lagu Genjer Genjer saat itu dicekal setelah peristiwa Gerakan 30 September (G30S) yang menyeret PKI atau Partai Komunis Indonesia.

Lirik Lagu Genjer-Genjer

Genjer-genjer nang kledhokan pating keleler Genjer-genjer nang kledhokan pating keleler Emake thole teka-teka mbubuti genjer
Emake thole teka-teka mbubuti genjer
Oleh sak tenong mungkur sedot sing tole-tole Genjer-genjer saiki wis digowo mulih

Genjer-genjer esuk-esuk didol ning pasar Genjer-genjer esuk-esuk didol ning pasar Dijejer-jejer diuntingi padha didhasar Dijejer-jejer diuntingi padha didhasar
Emake jebing pada tuku gawa walasan Genjer-genjer saiki wis arep diolah

Genjer-genjer lebu kendhil walang gemulak Genjer-genjer lebu kendhil walang gemulak Setengah mateng dientas wong dienggo iwak Setengah mateng dientas wong dienggo iwak
Sega rong piring sambel jeruk dipeloco Genjer-genjer saiki wis arep dipangan

Terjemahan Lagu Genjer-Genjer

Genjer-genjer di petak sawah berhamparan