×

Kurikulum Merdeka Adalah: Pengertian, Hal-Hal Penting, dan Kriteria Sekolah Untuk Penerapan

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dari kurikulum merdeka yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam pelaksaan pendidikan, terdapat istilah kurikulum yang ternyata merupakan hal yang penting. Menurut Prof. Dr. S. Nasution dalam bukunya yang berjudul Kurikulum dan Pengajaran menyatakan, kurikulum adalah serangkaian penyusunan rencana untuk melancarkan proses belajar mengajar.

Baca juga: Motor Listrik Adalah? Simak Pengertian Lengkap dengan Cara Kerjanya Disini!

Baca juga: Arti Departed Dalam Bahasa Indonesia Adalah? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Baca juga: Nonton Anime Harem Camp Episode 2 Sub Indonesia, Terungkap! Takemichi Adalah Guru Baru Para Gadis

Baru-baru ini, Indonesia telah meluncurkan kurikulum baru yang mana disebut dengan Kurikulum Merdeka. Lantas, apakah maksudnya?

Tentang Kurikulum Merdeka

Dilansir dari berbagai sumber, Kurikulum Merdeka diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memulihkan pembelajaran di Indonesia setelah pandemi Covid-19.

Kurikulum Merdeka ini memiliki poin penting yang wajib diketahui baik siswa maupun orangtua, yaitu mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Kebijakan tersebut diambil dengan harapan dapat memicu anak untuk dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan.

Hal-Hal Penting dalam Kurikulum Merdeka

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa hal penting dalam Kurikulum Merdeka:

1. Penguatan kompetensi yang mendasar dan pemahaman holistik