×

Apa Itu Kurikulum Merdeka SMA? Simak Pengertian, Keunggulan, Hitungan Jam Pelajaran, dan Jadwal Kegiatan Disini!

by

OTONITY.com – Berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dari kurikulum merdeka untuk SMA yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam pelaksaan pendidikan, terdapat istilah kurikulum yang ternyata merupakan hal yang penting. Menurut Prof. Dr. S. Nasution dalam bukunya yang berjudul Kurikulum dan Pengajaran menyatakan, kurikulum adalah serangkaian penyusunan rencana untuk melancarkan proses belajar mengajar.

Baca juga: Spoiler Manhwa Designated Bully Chapter 5, Kwon Daegeon Hajar Preman Sekolah Lagi

Baca juga: Judul Lain Webtoon Designated Bully Lengkap Dengan Link Bacanya, Sajikan Drama Masa Sekolah

Baca juga: Keunggulan dan Alasan Penggunaan Kurikulum Merdeka di Sekolah, Lebih Relevan dan Dapat Diterima

Tentang Kurikulum Merdeka SMA

Dilansir dari berbagai sumber, Kurikulum Merdeka diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memulihkan pembelajaran di Indonesia setelah pandemi Covid-19.

Kurikulum Merdeka ini memiliki poin penting yang wajib diketahui baik siswa maupun orangtua, yaitu mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Kebijakan tersebut diambil dengan harapan dapat memicu anak untuk dapat mengelola lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan.

Kunggulan Kurikulum Merdeka SMA

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah keunggulan Kurikulum Merdeka SMA:

1. Lebih Sederhana dan Mendalam

Fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru, dan menyenangkan.

2. Lebih Merdeka

Guru dapat mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Sekolah memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.