×

4 Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi, Pahami Cirinya Agar Mudah Menulisnya!

by

OTONITY.com – Dalam pembelajaran materi pelajaran bahasa Indonesia, biasanya siswa akan senantiasa mengenai berbagai contoh cerpen, salah satunya yang berhubungan dengan pengalaman pribadi. Tugas membuat karya tersebut menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan dengan baik.

Apabila kamu sedang mencari informasi untuk membuat karya seperti itu, kamu bisa langsung simak pembahasan berikut untuk bisa lebih memahami dan mengerti detailnya agar kamu dapat membuatnya dengan mudah.

Baca Juga: Biografi WS Rendra, Sastrawan Populer Indonesia, Si Burung Merak Pendiri Bengkel Teater Rendra

Baca Juga: Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Novel: Ciri Khas untuk Menandai Novel Sebagai Sebuah Karya Sastra

Baca Juga: Biografi Umar Kayam Sastrawan Indonesia, Simak Profil dan Biodata Singkatnya

Sebagai salah satu karya sastra, cerpen memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan karya sastra lain. Dari segi panjang cerita cerpen lebih pendek dari pada novel karena biasanya novel dapat mengemukakan sesuatu secara lebih banyak, lebih rinci, lebih detail, dan lebih banyak melibatkan berbagai permasalahan yang kompleks.

Dari segi jumlah kata ataupun kalimat, cerpen lebih mengandung banyak kata dan kalimat dari puisi. Dalam hal ini, proses pemaknaan relatif jauh lebih mudah dari pada memaknai sebuah puisi yang cenderung mengandung beragam bahasa kias.

Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi

Karya sastra cerpen yang mengusung tema pengalaman pribadi memang salah satu hal yang mudah dilakukan. Pasalnya, dengan mencari pengalam pribadi yang mengesankan atau yang diingat akan menjadi karya jika dituangkan pada cerpen.