×

Sebutkan 10 Komponen Elektronika Dasar! Simak Jawaban Lengkap dengan Penjelasan Fungsinya

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai kumpulan komponen dasar elektronika yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui jika elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat.

Baca juga: Kurikulum Merdeka SD Adalah: Pengertian, Hal-Hal Penting, dan Keunggulan

Baca juga: Eksibionis Adalah? Viral Diperbincangkan! Ini Penjelasan, Penyebab, dan Cara Menanganinya

Baca juga: Bocoran Manhwa Beauty In A Click Chapter 51: Plottwist Tak Terduga, Ternyata Si Killer adalah Dami Jin?

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang saat ini. Listrik sendiri merupakan rangkaian yang dapat menghasilkan power (daya) atau kekuatan yang ditimbulkan karena adanya pergesekan melalui suatu proses kimia.

Listrik dapat digunakan untuk menghasilkan panas ataupun cahaya untuk menjalankan mesin serta perangkat elektrik. Itulah alasannya kenapa listrik saat ini sudah tidak bisa dihilangkan kegunaannya.

Komponen Elektronika Dasar

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah komponen-komponen elektronika dasar yang harus kamu ketahui:

1. Resistor

Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir berdasarkan hukum Ohm.

2. Diode

Diode merupakan komponen aktif bersaluran dua (diode termionik mungkin memiliki saluran ketiga sebagai pemanas). Dioda mempunyai dua elektrode aktif dimana isyarat listrik dapat mengalir.

Kebanyakan diode digunakan karena karakteristik satu arah yang dimilikinya. Diode varikap (VARIable CAPacitor/kondensator variabel) digunakan sebagai kondensator terkendali tegangan.