×

Simbol-Simbol Saklar dalam Elektronika Antara Lain? Cek Jawabannya Disini!

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai simbol-simbol saklar yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui jika elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat.

Baca juga: Jumlah Pemain Single Tenis Meja Dalam Satu Regu Adalah? Tak Perlu Resah, Di bawah Ini Jawabannya

Baca juga: Kurikulum Merdeka SD Adalah: Pengertian, Hal-Hal Penting, dan Keunggulan

Baca juga: VTuber Adalah: Pengertian, Sejarah, Penghasilan, Hingga Sosok Vtuber Pertama Indonesia

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang saat ini. Listrik sendiri merupakan rangkaian yang dapat menghasilkan power (daya) atau kekuatan yang ditimbulkan karena adanya pergesekan melalui suatu proses kimia.

Listrik dapat digunakan untuk menghasilkan panas ataupun cahaya untuk menjalankan mesin serta perangkat elektrik. Itulah alasannya kenapa listrik saat ini sudah tidak bisa dihilangkan kegunaannya.

Tentang Saklar

Salah satu komponen dalam kelistrikan adalah saklar. Saklar merupakan komponen atau perangkat yang digunakan untuk memutuskan atau menghubungkan aliran listrik. Hampir semua peralatan elektronika dan listrik memerlukan saklar untuk menghidupkan atau mematikan alat listrik yang digunakan.

Untuk menambah informasi, berikut ini adalah jenis-jenis saklar yang biasa digunakan:

1. Saklar Tunggal

Saklar tunggal umum dijumpai pada rumah, apartemen, hotel, ataupun industri. Fungsi dari saklar tunggal ialah untuk menghidupkan dan mematikan satu buah lampu atau lebih.

Baca juga: Cara Membuat Kandang Kambing Modern, Dijamin Lebih Kokoh dan Anti Karat