×

Biaya Tetap (Fixed Cost) Adalah? Simak Pengertian, Ciri-Ciri, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai biaya tetap (fixed cost) yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam ekonomi tentunya tidak asing dengan istilah biaya. Biaya sendiri merupakan nilai moneter atau jumlah uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.


Baca juga: Biaya Variabel (Variable Cost) Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Rumus, dan Contoh Soal

Baca juga: Arti “Rainbow Kiss” Viral di TikTok Adalah? Ternyata Istilah Khusus Orang Dewasa

Baca juga: Lola Bunny Challange Twitter Adalah? Bikin Penasaran! Ternyata Begini Penjelasannya

Jika dari sudut pandang penjual, jika mereka dapat menjual barang dengan harga yang sama dengan beban produksi, maka mereka akan mencapai BEP (break even point). Artinya tidak akan kehilangan uang dari penjualan, tetapi juga tidak mendapatkan keuntungan.

Sedangkan dari sudut pandang pembeli, biaya suatu produk disebut sebagai harga. Harga sendiri adalah jumlah yang dibebankan oleh penjual terhadap suatu produk yang sudah termasuk beban untuk membuat produk tersebut serta mark-up yang ditambahkan oleh penjual untuk menghasilkan keuntungan.

Biaya bisa dibagi dari berbagai jenis, salah satunya adalah biaya tetap (fixed cost). Lantas apa itu?

Tentang Biaya Tetap

Biaya tetap (fixed cost) merupakan jenis beban yang selalu konstan dan tidak dipengaruhi oleh volume produksi. Jika volumenya rendah maka fixed cost tinggi, sebaliknya pada volume yang tinggi fixed cost per unitnya rendah.

Ciri-Ciri Biaya Tetap

Berikut ini adalah ciri-ciri dari biaya tetap (fixed cost):