×

Biaya Produksi Adalah: Pengertian, Unsur-Unsur, dan Jenis

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai biaya produksi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam ekonomi tentunya tidak asing dengan istilah biaya. Biaya sendiri merupakan nilai moneter atau jumlah uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.

Baca juga: Ciri Ciri Barcode MS Glow Asli, Cek Keaslian Produk Milikmu Dengan Cara Ini

Baca juga: Nonton Drama Korea Love is for Suckers (2022) Episode 5-6 Sub Indonesia, Yeo Rum Mintan Bantuan Jae Hoon Demi Acaranya

Baca juga: Cara Mengecek Barcode MS Glow Tanpa Pakai Aplikasi, Pastikan Punyamu Original ya Bestie

Jika dari sudut pandang penjual, jika mereka dapat menjual barang dengan harga yang sama dengan beban produksi, maka mereka akan mencapai BEP (break even point). Artinya tidak akan kehilangan uang dari penjualan, tetapi juga tidak mendapatkan keuntungan.

Sedangkan dari sudut pandang pembeli, biaya suatu produk disebut sebagai harga. Harga sendiri adalah jumlah yang dibebankan oleh penjual terhadap suatu produk yang sudah termasuk beban untuk membuat produk tersebut serta mark-up yang ditambahkan oleh penjual untuk menghasilkan keuntungan.

Tentang Biaya Produksi

Dilansir dari berbagai sumber, biaya produksi merupakan dana atau modal yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan selama untuk mengolah bahan baku untuk menghasilkan suatu produk yang akan dipasarkan atau dijual.

Biaya yang dikeluarkan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan patokan untuk menentukan harga jual. Prosesnya yaitu dengan mengakumulasikan seluruh biaya produksi, kemudian digabungkan dengan biaya yang lainnya hingga kemudian ditentukan harganya.

Baca juga: Biaya Tetap (Fixed Cost) Adalah? Simak Pengertian, Ciri-Ciri, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan