×

Koda Adalah Bagian Dari Teks Sebuah Bacaan, Contohnya Seperti Apa?

by

OTONITY.com –  Di berbagai teks dalam materi bahasa Indonesia, pastinya kamu perlu mempelajari mengenai struktur yang ada di dalamnya. Tentunya, dengan mempelajari struktur kita akan senantiasa memahami termasuk dalam pembahasan tentang koda yang adalah bagian dari teks sebuah bacaan.

Lalu, untuk contoh dari koda seperti apa ya? Agar mengetahui informasi dan pembahasan lengkapnya, langsung saja kamu bisa ikuti pembahasan di artikel berikut ini.


Baca Juga: Istilah Lain Dari Lompat Tinggi Adalah Apa? Ternyata Dalam Bahasa Lain Juga Bermakna Sama

Baca Juga: Manfaat Tumbuhan Jarak di Bidang Ekonomi Adalah Apa? Jawabannya Bisa Dicek di Sini

Baca Juga: Peserta Lompat Tinggi Dinyatakan Gugur Apabila Telah Gagal Melompat Sebanyak Berapa Kali? Awas, Bisa Didiskualifikasi!

Sebuah teks bacaan biasanya memiliki struktur teks dan dapat kita pelajari ketika membahas pelajaran bahasa Indonesia. Susunan bacaan ini memiliki beberapa istilah yang memberikan penjelasan lebih dalamnya terkait fungsi hingga penggunaan dalam bacaan. Salah satunya adalah istilah koda.

Pengertian koda

Koda sendiri adalah bagian penting dalam unsur intrinsik sebuah cerita atau bacaan dan banyak yang tidak menyadari kehadirannya. Peranan koda itu sendiri hampir selalu ada dan bisa membantu kita dalam menyimpulkan sebuah cerita.

Jika berhubungan dengan konteks bacaan, koda ialah sebuah unsur yang terdapat pada cerita, yang mengandung amanat atau pesan yang ingin disampaikan cerita tersebut. Koda pada umumnya diletakkan di bagian akhir sebuah cerita, novel, atau sebuah bacaan.