×

Biaya Marginal: Rumus, Cara Menghitung, dan Contoh Pengerjaannya

by

OTONITY.com – Dalam kegiatan bisnis pasti akan berhubungan dengan ilmu ekonomi di dalamnya. Ada banyak sekali pembahasan mengenai hal tersebut dan salah satunya membahas tentang biaya marginal yang menjadi aspek penting.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan sajikan informasi untukmu yang menggambarkan pembahasan detail tentang rumus, cara menghitung, dan contoh pengerjaan dari biaya marginal secara umumnya yang dapat kamu simak di pembahasan berikut.


Baca juga: Standar Biaya Masukan Tahun 2022 Adalah: Temukan Rinciannya di Sini Lengkap Dengan Link Downloadnya

Baca juga: Biaya Operasi Lasik Mata, Estimasinya Bisa Dicek di Rumah Sakit Ternama Ini

Baca juga: Estimasi Biaya Scaling Gigi, Bergantung Dari Alat Hingga Lokasi Untuk Dapatkan Harga Terjangkau!

Umumnya, terdapat lima jenis biaya yang berhubungan dengan proses produksi, yaitu fixed cost (biaya tetap), variable cost (biaya variabel), total cost (biaya total), average cost (biaya rata-rata), dan marginal cost (biaya marginal). Setiap jenis biaya memiliki arti, fungsi dan perhitungan yang berbeda.

Di antara berbagai jenis biaya, biaya marginal adalah yang paling penting untuk dipahami untuk memaksimalkan keuntungan. Hal ini ternyata dipahami dengan berbagai rumus hingga contoh pengerjaannya yang dipaparkan secara detail.

Rumus biaya marginal

Adapun rumus biaya marginal yang sering digunakan dalam menghitung setiap biaya margin perusahaan. Berikut rumus biaya marginal yaitu:

MC = ∆TC / ∆Q

Keterangan:

MC= Biaya marginal (marginal cost)

∆TC= Perubahan biaya total (total change in cost)

∆Q= Perubahan kualitas barang dan jasa (total change in quantity)

Tahapan menghitung biaya marginal

Umumnya, ada 3 tahapan dalam menghitung biaya marginal yang bisa dipahami sebagai berikut.

Perubahan Biaya

Perubahan biaya adalah kenaikan atau penurunan biaya produksi pada setiap tingkat produksi dan pada setiap periode, terutama ketika permintaan produksi lebih banyak atau lebih sedikit.