×

Biaya Kuliah di Universitas Terbuka Terbaru 2023, Seluruh Program dan Jurusan Rincian Lengkap!

by

OTONITY.com – Kali ini kami akan berikan ringkasan informasi yang akan membahas rincian harga di UT atau Universitas Terbuka 2022/2023 terbaru. Silahkan simak pembahasan berikut ini hingga akhir.

Universitas Terbuka menjadi salah satu jenis kampus yang ada di Indonesia dan sering dilirik bagi mahasiswa yang ingin kuliah dengan mudah. Berkuliah di UT, biasanya sistem pembelajaran lebih fleksibel dan tidak menganggu aktivitas mahasiswa yang notabene padat seperti mahasiswa yang sedang bekerja.


Nah, jika kamu tertarik mengetahui lebih dalam mengetahui Universitas Terbuka dan berapa biaya yang diperlukan untuk kuliah di sini, kamu dapat simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Baca Juga : Model Rumah 6×8 Biaya 30 Juta Terbaru Tahun 2022, Disertai Rincian Harga Kebutuhan Lengkap!

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah, Cek Dulu Agar Tidak Salah Nominal

Baca Juga : Jenis Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah, Lengkap dengan Persyaratan dan Prosedurnya

Perguruan tinggi negeri yang diresmikan pada 4 September 1984 ini memiliki sistem terbuka yakni tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian.

Dalam pemberitaan mengenai kualitas di Universitas Terbuka, perlu diketahui bahwa UT kini sudah diakui secara nasional dengan mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Diketahui pula bahwa kampus UT juga tidak hanya hadir di satu wilayah saja, melainkan berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi UT yakni ‘Menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia’.

Biaya Kuliah di Universitas Terbuka

Sebelumnya, perlu diketahui bahwwa biaya kuliah di Universitas terbuka (UT) ada 2 (dua) jenis, yaitu Skema SIPAS atau paket per semester dan Skema Non (SIPAS) atau per SKS.

SIPAS adalah layanan paket matakuliah setiap semester beserta bahan ajarnya. Mahasiswa yang mengambil SIPAS akan mendapatkan paket matakuliah dan bahan ajarnya disetiap semester.

Jadi, mahasiswa SIPAS tidak perlu melakukan registrasi matakuliah karena telah registrasi secara otomatis disetiap semesternya.

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online.

Baca Juga : Apa Itu Biaya Peluang? Cek Pengertian dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca Juga : Biaya Perpanjang SIM C Terbaru Tahun 2022! Berikut Persyaratan yang Harus Disiapkan

Baca Juga : 3 Macam Biaya Overhead Pabrik Dalam Proses Produksi yang Wajib Kamu Tahu

Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.

– SIPAS Non TTM, yaitu sistem paket semester non tutorial tatap muka. Biaya mulai dari Rp 1.150.000 sampai Rp 2.000.000

– SIPAS Semi, yaitu sistem paket dengan TTM wajib maksimal 3 matakuliah paket. Biaya mulai dari Rp 1.600.000 sampai Rp 2.600.000

– SIPAS Penuh, yaitu sistem paket dengan TTM wajib seluruh matakuliah. Biaya mulai dari Rp 1.900.000 sampai Rp 3.300.000