×

Bagaimana Tabel Pembagian Harta Warisan Menurut Islam? Begini Penjelasan dan Aturannya!

by

OTONITY.com – Dalam ajaran Islam, dipelajari bagaimanakah cara untuk membagi warisan dengan adil dan benar. Hal tersebut dikarenakan, agar keturunan yang mendapatkan warisan yang dimaksud tidak akan mengalami pertengkaran atau perpecahan.

Nah, pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai tabel pembagian harta warisan menurut ajaran agama Islam yang baik dan benar.  Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Baca juga: Siapa Jodoh Saya Ya Allah? Ketahui Ciri-Cirinya Dalam Ajaran Islam, Sudahkah Menemukan?

Baca juga: Bagaimana Cara Menganalisa Jurnal? Ketahui Urutan Lengkapnya Disini!

Baca juga: Sinopsis Serial Kurulus Osman Season 3, Kisah Sejarah dan Islamic Populer dari Turki

Seperti yang kita ketahui bahwa warisan bisa menjai suatu hal besar yang menyebabkan perkara besar pula jika tidak berhati – hati dalam melakukan pembagiannya. Banyak yang mengatakan bahkan warisan bisa membuat saudara kandung saling berantem hanya karena warisan.

Tentang Warisan

Warisan merupakan sebuah harta peninggalan dari orang tua atau pewaris kepada ahli waris. Untuk warisan ini bisa berupa apapun, bisa berupa uang, perhiasan, tanah, aset atau apa pun itu, bahkan juga hutang.

Lalu apa yang dimaksud dengan ahli waris? Ahli waris merupakan seseorang yang saat ahli waris meninggal dunia, dia memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan dengan pewaris tersebut, beragama Islam dan tidak terhalang dengan hukum menjadi seorang pewaris.

Pasal 174 KHI mengatur mengenai golongan ahli waris yaitu: